Pengunjung Blog



Trik Cerdas Agar Tagihan PLN tidak membengkak


Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok yang digunakan untuk berbagai kebutuhan serta aktivitas sehari-hari. Beragam kebutuhan seperti keperluan rumah tangga, aktivitas kerja memerlukan energi listrik. Konsumsi daya listrik tersebut tentunya diikuti dengan tagihan pln yang tentunya harus Anda bayar. Sebagian orang menggunakan listrik dalam setiap aktivitasnya dan menganggap wajar jika konsumsi daya listrik bulan nya menjadi sangat besar. Namun banyak tips atau trik yang bisa Anda lakukan agar mampu menghemat konsumsi daya listrik sehingga tagihan pln nya jauh lebih hemat.

Menghemat penggunaan energi listrik bukkan hanya untuk mengurangi beban pembayaran konsumsi listrik saja, akan tetapi juga bisa menghemat konsumsi energi sehingga tepat guna dan tidak terbuang secara sia-sia. Berikut ini beberapa trik dan juga tips yang bisa Anda ikuti dan lakukan agar bisa menghemat daya konsumsi listrik setiap bulannya. Berikut beberapa tipsnya

  • Menggunakan Lampu LED yang hemat energi

Lampu merupakan salah satu komponen rumah tangga yang membutuhkan energi listrik secara continually karena fungsinya sebagai alat penerang. Terkadang lampu dinyalakan bukan hanya pada saat malam hari, akan tetapi terkadang lampu digunakan sebagai alat penerang yang stay tune hingga 24 jam. Dengan kata lain energi yang digunakan pada lampu terbuang secara sia-sia. Namun ada cara yang bisa menghemat sumber daya listrik yang digunakan untuk lampu. Salah satunya adalah menggantikan penggunaan lampu yang lama dengan lampu LED yang hemat energi. Meskipun dikatakan sebagai lampu hemat energi, akan tetapi lampu LED memiliki kualitas penerangan yang sangat baik atau bagus namun jumlah daya yang digunakan lebih rendah

Mematikan atau menggunakan  Lampu Seperlunya

Selain mengganti lampu dengan lampu yang lebih hemat energi, namun dalam hal penggunaanya juga harus diperhatikan. Hal yang perlu Anda perhatikan dan juga tanamkan adalah dalam hal penggunaanya. Pastikan lampu menyala ketika Anda menggunakanya. Kemudian hindari penggunaan energi listrik ketika tidak digunakan. Misalnya penggunaan lampu atau penerangan hanya menggunakan lampu penerang di malam hari saja sementara untuk siang hari penerangan memanfaatkan cahaya matahari yang terang.

  • Mencabut Colokan Kabel dari Stop Kontak

Kebiasan buruk yang ternyata menimbulkan konsumsi daya listrik yang lebih adalah dengan membiarkan colokan kabel selalu tertancap dalam keadan aliran listrik yang masih on. Kebiasan tersebut selain boros juga berbahaya. Membiarkan colokan selalu tertancap saat aliran listrik on memungkinkan terjadinya arus singkat tau yang kita kenal dengan istilah konslet yang bisa memicu terjadinya kebakaran atau pun menyebabkan aliran listrik menjadi terputus.

  • Menggunakan AC Seperlunya

Alat pendingin atau yang dikenal dengan istilah AC merupakan salah satu alat dengan penggunaan daya listrik yang sangat tinggi. Untuk menghemat daya konsumsi  listrik, maka penggunaan AC hanya dinyalakan ketika digunakan. Hindari menyalakan AC dengan tan by setiap waktu, karena hal tersebut bisa membuat tagihan pln Anda akan semakin membengkak setiap bulan nya.

Membayar Tagihan Listrik PLN dengan Bank Sinarmas

Selain dengan mengaplikasikan tips untuk menghemat tagihan pln diatas, ternyata saat pembayaran pun kita bisa melakukanya dengan mudah dan hemat dengan aplikasi SimobiPlus dari Bank Sinarmas. Berikut langkah ataupun cara melakukan pembayaran dengan aplikasi ini diantaranya adalah sebagai berikut

  1. langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah log in ke aplikasi SimobiPlus.

  2. Klik atau Pilih menu “Bayar Tagihan Listrik.

  3. tentukan dan pilih jenis tagihan pln yang akan dibayar. Dimana ada 3 jenis tagihan diantaranya adalah prepaid atau prabayar, postpaid atau pascabayar, dan non-taglis.

  4. Tahapan selanjutnya masukkan nomor ID pelanggan atau meter.

  5. Pilih rekening sumber kemudian masukan jumlah nominal sesuai dengan tagihan

  6.  konfirmasi.

  7. Masukkan EasyPIN.

  8. Selesai

Sekian pembahasan cara menghemat penggunaan energi listrik untuk menghemat tagihan pln bulanan rumah Anda.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.