Pengunjung Blog



Sedang Mencari Info Beasiswa S2? Pahami Juga Trik Jitu Mendapatkannya!

Siapa yang tidak ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2? Apa lagi dengan beasiswa! Sekarang banyak sekali info beasiswa S2 yang bisa anda dapatkan di internet. Termasuk di Universitas Indonesia. Di kampus ini, ada banyak sekali program beasiswa yang bisa anda dapatkan baik itu beasiswa dari pihak swasta atau dari kampus sendiri. 

Nah, bicara soal beasiswa memang gampang-gampang sulit. Terlebih memenuhi persyaratannya supaya lolos seleksi. Ternyata ada beberapa strategi yang harus diterapkan agar dokumen anda bisa lolos seleksi. Apa saja sih?

Rajin Gali Informasi! Riset dan Riset!

Saatnya untuk jemput bola! Jangan hanya menunggu informasi datang. Anda diwajibkan menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang beasiswa yang anda bidik. Hal ini berkaitan dengan seluk-beluk, prasyarat mengajukan hingga prosedur pengajuan beasiswa. Ingat, setiap siswa memiliki alur yang berbeda, jadi pastikan anda memahami hal ini dengan baik. Bila anda memutuskan untuk mendaftar beberapa beasiswa sekaligus, jangan sampai hal ini tertukar. 

Coba Diskusikan Dengan Staf TU

Tidak ada salahnya menanyakan informasi seputar beasiswa kepada staf TU. Mereka akan dengan senang hati membantu anda mencarikan informasi terkait pengajuan beasiswa. Untungnya lagi kalau mendapatkan informasi dari mereka, dipastikan informasi program beasiswa yang didapatkan jadi jauh lebih terpercaya. 

Melihat-lihat Peluang 

Memilih program beasiswa juga harus diperhatikan peluangnya. Dalam hal ini berkaitan dengan kuota. Berburu beasiswa dengan kuota 20 orang dibandingkan 100 orang tentu akan berbeda peluangnya untuk anda diterima. 

Selain jumlah kuota, anda juga harus jeli dengan preferensi yang dimiliki oleh program beasiswa tersebut. Misalnya dengan program studi, pengalaman kerja atau organisasi, prestasi, daerah asal, hasil riset, usia, kampus asal dan lain sebagainya. Preferensi ini umumnya dituliskan di pengumuman beasiswa sehingga pelamar wajib menyesuaikan preferensinya. 

Memantaskan Diri 

Memantaskan diri memang terdengar sangat klasik didengar. Tapi ini merupakan hal yang penting. Banyak sekali pelamar yang mengeluh aplikasi mereka ditolak. Yang jelas, pihak lembaga tidak menerima kandidat karena memang mereka belum pantas. Mereka tidaklah sembarangan dalam menetapkan siapa yang terpilih. 

Lalu bagaimana mengetahui ukuran kepantasan pelamar beasiswa ini? Mudah saja untuk mengetahui hal ini. Anda hanya perlu memenuhi kemauan si pemberi beasiswa. Apakah anda sudah memenuhi kriteria dan persyaratan yang sudah ditetapkan oleh penyedia beasiswa? Apakah anda sudah masuk dalam preferensi yang diberikan. Jika sudah, anda tinggal lanjut ke langkah berikutnya. 

Daftar Ke Banyak Beasiswa 

Kalau anda bisa melamar lebih dari satu jenis program beasiswa kenapa tidak? Anda tidak perlu bergantung pada satu jenis beasiswa sebab kalau misalnya anda tidak diterima di salah satu penyedia lembaga beasiswa, anda masih punya beberapa yang bisa diharapkan. Syukur-syukur diterima semua. 

Ada banyak sekali jadwal pendaftaran beasiswa yang berdekatan. Banyak sekali tawaran. Jangan lupa ketika mendaftar, anda mengikuti persyaratan yang diberikan dan jangan sampai hal ini tertukar. Setidaknya, ajukan tiga beasiswa sekaligus. Lalu maksimal berapa banyak? Daftar 10 beasiswa juga bisa, tapi tentunya energi dan biaya yang dihabiskan juga bisa lebih besar.

Sedang mencari info beasiswa S2? Kini anda tidak perlu khawatir! Sebab, Universitas Indonesia membuka kesempatan yang lebar bagi mahasiswanya untuk mendapatkan beasiswa. Ada dua kategori beasiswa yang bisa didapatkan yaitu beasiswa yang berasal dari kampus UI dan juga beasiswa dari sponsor. 

Beasiswa ini bentuknya bermacam-macam mulai dari keringanan, beasiswa kerja paruh waktu dan lainnya. Sementara beasiswa dari pihak sponsor, Universitas Indonesia berperan sebagai penyalur informasi berdasarkan permintaan dan syarat yang diajukan oleh pihak sponsor. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.