Pengunjung Blog



4 Tips Memilih Makanan Tepat Dalam Cara Merawat Anjing Tua

Seiring berjalannya waktu, usia anjing Anda juga akan mulai menua sesuai siklus kehidupan. Cara merawat anjing tua, pemeriksaan kesehatan, memberi perhatian dan takaran makanan pun, tentu tidak bisa disamakan dengan ketika mereka masih muda. 

Jika dikhususkan, dalam hal pemberian makanan untuk anjing yang sudah tua harus mengikuti anjuran tertentu. Misalkan saja, kebutuhan mereka akan kalori harus dikurangi sebanyak 20 persen. Meski, pengurangan ini harus disesuaikan lagi dengan kondisi tubuh, banyaknya aktivitas dan ukuran tubuh.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Makanan Anjing yang Sudah Tua

Umumnya, cara merawat anjing tua dan pemberian makan di usia ini, adalah memberikan makanan basah. Karena mereka lebih menyukai hal itu. Aroma makanan basah dan hangat lebih kuat hingga membuat mereka lebih tertarik. 

Akan tetapi, agar lebih tepatnya pemberian gizi dan nutrisi yang dibutuhkan, berikan makanan anjing yang memang khusus diformulasikan untuk mereka. Bisa dengan mempercayakannya pada produk makanan anjing seperti Royal Canin, atau melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan.


Berikut, beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam memberikan makanan pada anjing yang sudah tua.

Perhatikan nutrisi dan gizinya

Seperti halnya manusia, Anda juga perlu mengetahui kandungan makanan anjing yang akan Anda berikan. Biasanya, dalam kemasan sebuah produk makanan anjing, akan dicantumkan nutrisi dan nilai gizi. 

Pastikan bahwa makanan itu sudah memenuhi standar dari AAFCO atau Association of American Feed Control Officials

Cek bahan makanan yang digunakan

Dalam kemasan makanan, biasanya terdapat bahan-bahan yang digunakan untuk pengolahan makanan anjing. Pastikan bahan-bahan tersebut sesuai dengan kebutuhan anjing Anda. Terutama seberapa besar kalori yang dihasilkan dari makanan itu jika dikonsumsi anjing yang sudah tua.

Karena seperti yang dikatakan, bahwa anjing yang sudah tua sebaiknya mengurangi konsumsi kalori. Ini dimaksudkan agar mereka bisa menjaga kontrol berat badan dan kesehatan.

Hindari makanan yang membahayakan anjing

Meski bisa memakan apa saja yang diberikan oleh manusia, ada beberapa bahan yang sebaiknya dihindari oleh anjing. Seperti, cokelat, bawang, kacang-kacangan, anggur, makanan berkalori tinggi dan tinggi gula, permen dan alkohol.

Untuk kasus tertentu, ada anjing yang alergi terhadap suatu bahan makanan. Sebaiknya Anda sudah mengetahui jenis alergi yang anjing Anda miliki. Agar dalam pemilihan makanan bisa menghindari pemberian bahan tersebut.

Kaya akan serat

Usia yang sudah tua juga memungkinkan anjing Anda terkena permasalahan pencernaan. Untuk itu, ada baiknya untuk memberikan mereka makanan yang kaya akan serat.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam memberikan makanan pada anjing yang sudah menginjak usia tua adalah Anda tidak boleh memberikan makanan terlalu banyak. Waktu pemberian makanan pun maksimal tiga kali dalam satu hari. Jangan lupa untuk memberikan vitamin dan nutrisi tambahan agar tubuh mereka bisa terhindar dari penyakit.

Demikian beberapa cara merawat anjing tua  dan memilih makanan yang tepat. Jangan lupa untuk terus memberikan perhatian kepada mereka dan meluangkan waktu kebersamaan yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.