Pengunjung Blog



Pastikan Memilih Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Bisnis



Kunci utama sebuah bisnis agar bisa berkembang adalah terletak pada bagaimana pemasaran dilakukan. Dengan kata lain, pemasaran merupakan ujung tombak sebuah bisnis yang akan menentukan berhasil atau tidaknya bisnis tersebut. Karena sifatnya yang sangat penting, maka strategi pemasaran pada bisnis harus dilakukan dengan cermat. Sebisa mungkin strategi tersebut harus terbukti keberhasilannya untuk mencegah kerugian.

Marketing strategy merupakan hal wajib yang harus diterapkan untuk semua jenis bisnis. Bahkan jika bisnis tersebut termasuk usaha yang baru dirintis, bukan berarti marketing strategy yang dilakukan boleh sembarangan. Ketika sebuah bisnis sudah berkembang pesat dan maju, strategi promosi juga harus tetap dijaga kualitasnya. Inilah sederet marketing strategy yang efektif untuk meningkatkan keuntungan bisnis.


  1. Mengenal Target Pasar

Satu hal yang harus dilakukan paling awal dalam rangkaian proses strategi pemasaran adalah mengenal siapa target pasar. Target pasar adalah sekelompok orang yang diperkirakan membutuhkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Mereka diharapkan akan menjadi konsumen loyal yang setia memakai produk atau layanan Anda. Mengenali mereka bisa dari berbagai karakter, seperti usia, jenis kelamin, tempat tinggal, latar belakang, profesi hingga minat dan hobi.

  1. Buat Perkenalan yang Berkesan

Strategi marketing yang satu ini cocok untuk brand baru atau brand lama yang mengeluarkan produk maupun layanan baru. Calon konsumen tidak akan menyadari keberadaan sebuah produk atau layanan jika mereka saja tidak pernah melihat produk tersebut diperkenalkan. Maka sudah menjadi kewajiban bagi pebisnis untuk merancang materi iklan guna memberitahu masyarakat bahwa produk tersebut sudah ada. Sebisa mungkin iklan harus dibuat berkesan agar langkah selanjutnya dalam pemasaran bisa lebih mudah dilakukan.

  1. Memaksimalkan Potensi yang Dimiliki

Ketertarikan masyarakat terhadap suatu produk atau layanan sebenarnya sudah merupakan salah satu ciri keberhasilan dari penerapan strategi pemasaran. Namun tahap pemasaran masih harus dilanjutkan dengan memaksimalkan semua potensi yang dimiliki. Potensi yang dimaksud adalah kualitas produk yang harus selalu dijaga, harga yang mampu bersaing hingga tempat pemasaran yang memadai. Saat semua potensi telah dimaksimalkan, peluang keuntungan semakin besar dan keberlangsungan bisnis semakin terjamin.

  1. Memanfaatkan Semua Platform Promosi

Di era digital seperti sekarang ini, marketing sudah seharusnya menggunakan platform digital. Pasalnya platform digital bisa memberikan hasil promosi yang maksimal dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Media sosial atau website merupakan media yang bisa dimanfaatkan dengan menerapkan berbagai ilmu penting yang berkaitan. Pastikan mengetahui secara keseluruhan strategi pemasaran digital agar bisa menggunakan semua platform secara efektif dan efisien.

  1. Jangan Lewatkan Evaluasi

Penggunaan platform digital sebagai media promosi tidak hanya memberikan keuntungan dalam hal kecepatan mencapai pasar yang lebih luas. Penerapan digital marketing juga sangat berguna untuk memudahkan evaluasi. Berbagai data dan informasi penting telah terekam secara otomatis dan pebisnis bisa menggunakannya sebagai bahan evaluasi. Selanjutnya, bisa dilihat seberapa besar pencapaian bisnis yang telah diraih. Jika memang ada masih terdapat kekurangan, maka evaluasi penting dilakukan untuk menemukan solusi yang tepat.

  1. Berikan Kemudahan

Loyalitas pelanggan merupakan bekal penting untuk membuat bisnis terus bertahan. Agar pelanggan loyal tidak melirik brand kompetitor, sesekali berikan kemudahan. Kemudahan yang dimaksud bisa berupa hadiah, voucher belanja, potongan harga dan segala sesuatu yang menarik lainnya.

Menerapkan strategi pemasaran merupakan jalan untuk meraih kesuksesan bisnis. Agar bisa menerapkan strategi dengan maksimal, percayakan bisnis Anda pada Ideoworks sebagai agensi pemasaran terpercaya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.