Pengunjung Blog



6 Faktor Ini Mempengaruhi Harga Cincin Kawin

Cincin kawin merupakan salah satu item penting yang harus disiapkan menjelang hari pernikahan. Karena setiap item memiliki budget sendiri-sendiri, Anda harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi harga cincin kawin. Jika mengetahui faktor tersebut, Anda bisa mempertimbangkan cincin terbaik tanpa membuang-buang banyak waktu.

Cincin kawin yang ada di pasaran memiliki harga yang sangat beragam. Ada cincin yang harganya terjangkau, namun ada juga yang mahal. Harganya tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini:

Jenis Logam

Faktor utama yang berpengaruh pada harga cincin adalah jenis logam yang digunakan. Saat ini ada cukup banyak logam yang biasa digunakan untuk membuat cincin seperti titanium, emas, platinum, palladium, perak, hingga besi. Berdasarkan kualitasnya, platinum adalah logam paling mahal sehingga cincinnya paling mahal pula. Bahkan cincin platinum lebih mahal dibandingkan cincin emas. Sedangkan untuk budget terbatas bisa memilih cincin perak atau palladium yang lebih terjangkau.

Kadar Karat atau Kadar Jenis Logam

Jumlah kadar jenis logam menjadi faktor selanjutnya karena setiap logam bisa memiliki kadar yang berbeda-beda. Pada logam emas, kadar karat ditunjukkan dengan angka. Kadar paling tinggi adalah 24 karat yang artinya emas murni. Selain itu, ada emas dengan kadar 12 karat, 16 karat, dan 18 karat. Semakin tinggi kadar karatnya maka harga cincin emas juga semakin mahal.

Sedangkan logam lain seperti palladium, kadar jenis logam dinyatakan dalam bentuk persen. Misalnya seperti 25%, 50%, hingga 95%. Cincin palladium 50% artinya adalah 50% palladium dan 50% campuran lain.

Model dan Desain

Desain menjadi faktor yang mempengaruhi harga karena berkaitan dengan proses pembuatannya. Jika desain atau modelnya rumit, maka proses pengerjaannya lebih lama. Jadi jangan heran apabila harganya lebih tinggi dibandingkan cincin yang berdesain simple. Ketahui selera pasangan terlebih dahulu sebelum memilih modelnya.

Batu Permata

Cincin kawin biasanya dihiasi oleh batu permata untuk menambah nilai keindahannya. Batu permata yang bisa dipakai yaitu safir, ruby, mutiara, giok, zamrud, dan juga berlian. Setiap batu permata memiliki harga yang berbeda-beda. 

Namun biasanya batu permata yang paling sering digunakan adalah berlian. Nanti kualitas berlian juga akan mempengaruhi harga. Pasalnya kualitas berlian dinilai berdasarkan clarity atau kejernihan, color atau warna, cut atau potongan, dan carat atau berat karat.

Berat Cincin

Berat cincin juga dikenal dengan istilah gramasi. Setelah mengetahui model cincin yang diinginkan, Anda bisa mengetahui gramasi-nya. Cincin kawin dengan berlian tentu saja akan lebih berat dibandingkan cincin polos. Selain itu, ukuran cincin atau bagian lingkaran band juga berpengaruh pada beratnya. Berat cincin kawin biasanya mulai dari 3 gram hingga 8 gram. Semakin tinggi nilai gramasi-nya maka harganya juga semakin tinggi.

Biaya Pengerjaan

Sebagian besar orang memilih untuk membuat sendiri cincin kawin. Hal tersebut karena mereka menginginkan cincin yang eksklusif dan anti mainstream. Apabila Anda juga ingin membuat cincin kawin custom, maka biaya pengerjaan harus dimasukkan. Biaya pengerjaan tergantung dari beberapa hal seperti model, bahan, kerumitan, dan pengrajin yang dipilih. Semakin berkualitas pengrajin harga jasanya biasanya semakin mahal.

Itulah beberapa faktor yang berpengaruh pada harga cincin kawin. Tempat terbaik untuk Anda yang ingin membeli cincin adalah Mondial Jeweler. Cincin kawin yang ditawarkan menggunakan jenis logam dan memiliki desain yang beragam. Saat ini store resmi Mondial Jeweler sudah ada di berbagai wilayah Indonesia. Namun jika ingin melihat koleksinya secara online, Anda bisa mengunjungi website www.mondialjeweler.com.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.