Pengunjung Blog



5 Digital Strategy Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan jenis pemasaran yang memanfaatkan media digital seperti Google, media sosial, email, dan lain sebagainya. Melakukan digital marketing saat ini menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya jangkauan pasar dari digital marketing jauh lebih luas dibandingkan pemasaran konvensional. Meskipun begitu, Anda harus mengetahui apa saja digital strategy marketing yang tepat agar bisnis bisa berkembang.

Strategi tersebut dibutuhkan agar pemasaran bisa tepat sasaran. Percuma Anda melakukan pemasaran namun tidak mengetahui apa yang harus dilakukan. Tidak usah berlama-lama lagi, berikut ini adalah 5 strategi pemasaran digital yang bisa Anda jalankan:

Menerapkan Search Engine Optimization (SEO)

Strategi pertama yang bisa dijalankan adalah menerapkan Search Engine Optimization atau SEO pada website Anda. SEO sendiri merupakan sebuah teknik yang digunakan agar website bisa berada di halaman pertama mesin pencarian. Ketika berada di halaman pertama Google, maka pengunjung akan semakin mudah menemukan bisnis Anda.

Ada beberapa hal yang dilakukan untuk meningkatkan ranking website di mesin pencarian seperti penggunaan keyword pada konten website, membuat backlink, memasukkan internal link, menggunakan tools, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial bisa digunakan sebagai media untuk menjalankan pemasaran digital. Dengan media sosial, Anda bisa terhubung dengan audiens. Manfaat media sosial untuk pemasaran yaitu bisa meningkatkan penjualan, brand awareness, mengarahkan ke website, dan lain sebagainya.

Beberapa media sosial yang paling sering digunakan untuk pemasaran digital adalah Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, dan LinkedIn. Namun jangan lupakan konten yang menarik ketika melakukan pemasaran melalui media sosial. Pasalnya konten sangat berpengaruh terhadap engagement yang didapatkan.

Menggunakan Pay-Per-Click Advertising

Pay-Per-Click Advertising menjadi digital strategy marketing selanjutnya yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda. Sesuai namanya, Anda membayar iklan setiap audiens melakukan klik. Kebanyakan Pay-Per-Click Advertising atau PPC didapatkan dari layanan Google Ads.

Google Ads berbeda dengan SEO yang dilakukan sebelumnya. Google Ads membuat website Anda berada pada bagian paling atas halaman pertama. Namun Anda harus membayar untuk mendapatkan hal tersebut. Sedangkan SEO didapatkan melalui beberapa cara seperti keyword, backlink, dan lain sebagainya yang telah dijelaskan sebelumnya.

Email Marketing

Email marketing atau pemasaran email jarang dilakukan oleh pebisnis padahal hal ini bisa membantu meningkatkan bisnisnya. Mereka yang menggunakan email marketing biasanya bertujuan untuk mempertahankan pelanggan lama dan mendapatkan pelanggan baru. Pemasaran ini berusaha untuk membuat pelanggan tetap mengingat produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selanjutnya mereka akan melakukan pembelian secara berulang hingga menjadi pelanggan setia.

Content Marketing

Konten juga menjadi hal yang sangat penting dalam dunia digital marketing. Tanpa konten yang baik, pemasaran yang dilakukan bisa percuma. Pasalnya audiens atau pengujung bisa bertahan lama di website atau media sosial Anda apabila kontennya menarik.

Konten pemasaran ada banyak hal seperti artikel, foto, video, infografis, dan lain sebagainya. Kombinasi konten yang menarik dengan strategi pemasaran yang tepat bisa membuat bisnis Anda berkembang pesat. 

Itulah 5 digital strategy marketing yang perlu Anda pahami. Bagi pemula, memang sulit menjalankan semuanya sendirian. Anda membutuhkan bantuan ahli atau orang-orang yang kompeten. Diginet merupakan agensi digital marketing yang bisa Anda jadikan pilihan. Agensi ini telah melayani banyak sekali perusahaan-perusahaan di Indonesia. Anda bisa berkonsultasi dengan tim Diginet sebelum memilih layanan yang akan digunakan. Untuk berkonsultasi secara gratis, Anda bisa mengakses website resminya yaitu www.diginet.co.id. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.