Pengunjung Blog



4 Tips Para Ahli Memilih Liontin Berlian Asli Berkualitas

Menilai kualitas berlian yang menggunakan metode 4C sudah banyak diketahui orang. Tetapi bagaimana rekomendasi para ahli mengenai cara menganalisa liontin berlian asli dengan metode tersebut?


Berikut tips para ahli dalam memilih berlian. Agar pembeli mendapatkan yang sesuai dengan harga yang dibayarkan


4 Tips Para Ahli Memilih Berlian Asli Berkualitas


Liontin Berlian asli umumnya menggunakan 4C sebagai metode grading, seperti yang dilakukan para ahli berlian. Colour, Clarity, Cut, dan Carat (berat), adalah aspek umum penilaian kualitas berlian. 


Tips dari para ahli permata berikut bisa membantu anda memadukan keempat aspek tersebut untuk menggambarkan kualitas ideal.


Carat


Karat memiliki aspek paling penting dalam mengukur kualitas berlian. Maksudnya jelas, semakin besar karat, semakin mahal pula harganya. 



Sering kita dengar, bahwa berat berlian adalah 1 karat, 1 1/2 karat, atau 1 1/4 karat. Tetapi sebenarnya menurut para ahli karat dalam bentuk desimal adalah yang paling akurat. 


Pada beberapa kasus terjadi berlian 1 karat ternyata memiliki berat 0,89 karat. Sehingga seharusnya pembeli bisa mendapatkan harga di bawah dari harga satu karat. Dalam kasus berlian, tentu saja perbedaannya bisa jadi sangat besar.


Soal bentuk juga bisa mempengaruhi perbedaan besar berlian. Misalnya bentuk potongan round cut 1 karat dengan cushion cut 1 karat, akan terlihat lebih besar potongan round cut. 


Walau demikian perlu disadari yang menentukan harga dan kualitas berlian adalah 4C, bukan karat saja. Jadi, satu karat dengan Clarity yang berbeda tentu berbeda pula nilainya. Begitu pula dengan bentuk potongan dan warna, bisa mempengaruhi berlian dengan karat yang sama, tetapi memiliki harga yang berbeda jauh.

Colour


Warna ternyata menempati nomor dua terpenting setelah karat, dalam nilai sebentuk berlian. Prinsip warna dari berlian terbaik adalah colourless, alias tidak berwarna.


Selapis tipis warna kuning, akan mengubah nilai liontin berlian model terbaru dengan sangat signifikan. Untuk mata tak terlatih, sekilas pendar kuning tersebut tak terlihat dan nyaris tak berbeda. Tetapi ternyata bisa menimbulkan perbedaan nilai yang mencolok.


Tetapi tentu saja ada pengecualian bagi warna-warna tertentu. Contohnya berlian merah yang sangat terkenal dari India. Harganya bahkan bisa melampaui berlian colourless karena memiliki nilai historis dan seni yang istimewa.


Selain itu, beda ruangan beda pula efeknya pada berlian yang akan dipilih. Begitu pula pengaruh jenis logam yang akan digunakan sebagai rumah bagi permata tersebut. Warna pada berlian satu karat akan lebih jelas daripada warna pada berlian empat karat, dan lain sebagainya.


Jadi pastikan, jenis warna yang dipilih adalah yang terbaik jika dilihat dari berbagai sudut.


Clarity


Kejernihan berlian terbagi atas tiga belas kategori grading. Yang tertinggi adalah flawless atau tanpa noda, dan yang terendah adalah Included atau jelas bernoda, bahkan oleh mata orang awam.


Kejernihan berlian penting karena makin jernih berlian, makin sulit mendapatkannya. Kemudian makin jernih juga makin nyata kekerasan dan kekuatannya. Berlian yang memiliki nilai clarity rendah, biasanya mudah tergerus, retak, bahkan pecah. 


Harga flawless berlian tentu sangat fantastis. Untungnya ada flawless berlian bagi mata orang awam. Disebut juga dengan eyecleaned diamond. Kejernihannya mirip dengan flawless berlian yang asli tapi dengan harga yang jauh lebih terjangkau.


Tips dari ahli, perhatikanlah kejernihan berlian jauh dari lampu pada toko berlian. Oleh karena lampu-lampu tersebut didesain untuk meminimalisir terlihatnya noda.


Cut

Potongan liontin berlian asli merupakan nilai estetis yang menjadi hal yang tak kalah penting dalam pemilihan berlian. Selain round cut, potongan lain disebut juga fancy shape karena bersifat subjektif mengenai keindahannya.


Para ahli memiliki beberapa grade dalam menilai kualitas potongan yang baik. Tetapi ada tiga unsur penting yang mendasarinya, yaitu brightness, fire, dan scintillation. 


Jika brightness adalah kemilau berlian, maka fire adalah efek prismatik yang dihasilkan dari kemilau berlian tersebut. Sementara scintillation adalah perbedaan area terang dan gelap pada berlian yang menimbulkan kesan tertentu yang menakjubkan.


Para ahli juga menyarankan agar pembeli menjadi juri bagi berlian pilihannya sendiri, dalam menilai potongan berlian yang sempurna. Bawalah berlian tersebut pada area dalam dan luar ruangan, dengan pencahayaan yang cukup. Pencahayaan yang kurang akan mengurangi kemampuan penilaiannya.


Certificate


Empat C tersebut, adalah aspek yang membantu menentukan kualitas berlian. Namun demikian sertifikat adalah yang terpenting dalam menentukan keaslian liontin berlian model terbaru tersebut.


Sertifikat juga akan memberikan data akurat mengenai empat unsur di atas. Hingga jelas terpampang bagaimana nilai kualitas berlian tersebut dalam 4C. 


Sertifikat ini diterbitkan oleh pihak ketiga yang profesional. Bukan pembeli atau penjualnya, sehingga terhindar dari penipuan atau pemalsuan.


Liontin berlian asli di Mondial terjamin dan bersertifikat, sehingga anda aman dan nyaman memilah jenis hadiah terbaik bagi kesayangan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.