Pengunjung Blog



Tips Memilih Menu Makanan Untuk MPASI




MPASI atau makanan pelengkap ASI merupakan makanan penting yang sudah bisa Anda berikan untuk anak-anak yang sudah memasuki usia 6 bulan. Namun, menu makanan bayi 6 bulan untuk bayi yang masih berusia 6 bulan tidak boleh sembarangan. Pasalnya teksturnya harus lembut dan sesuai dengan kebutuhannya.

Di lain sisi, menu makanan ini juga harus mengandung nutrisi yang bagus untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Jika masih belum jelas, berikut kami paparkan penjelasan tips memilihnya di bawah ini:


1.  Bertekstur Lembut

Si kecil yang baru mengenal makanan belum bisa mengonsumsi makanan yang terlalu padat atau keras. Si kecil baru mulai bisa diberi makanan-makanan lembut seperti bubur maupun tim. Selain itu juga makanan-makanan seperti pisang, dan buah-buahan lainnya yang sudah dilembutkan terlebih dahulu.


2.  Kaya Akan Nutrisi

Perlu Anda ketahui, kebutuhan nutrisi anak-anak di masa tumbuh kembang dua kali lebih besar dibandingkan kebutuhan nutrisi orang dewasa. Maka dari itu, pilihlah makanan-makanan terbaik yang kaya akan vitamin dan juga mineral untuk anak-anak di masa pertumbuhannya.


3.  Memilih Bahan Makanan yang Tepat

MPASI anak bisa Anda buat dari jenis makanan-makanan bernutrisi tinggi seperti buah-buahan, sayuran, hingga daging maupun ikan. Hindari makanan-makanan yang tinggi lemak. Maka dari itu pilihlah makanan-makanan terbaik yang kaya akan nutrisi agar si kecil tumbuh menjadi anak yang sehat, kuat, dan juga cerdas.





4.  Olah Makanan Secara Optimal

Pengolahan makanan juga tidak kalah penting. Olahlah makanan pelengkap ASI secara baik dan benar. Pengolahan makanan bernutrisi tidak boleh diproses atau dimatangkan terlalu lama. Contohnya saat mengolah sayur, Anda tidak boleh terlalu lama mengolah atau memanaskannya karena bisa mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya.

Pengolahan juga bisa melalui cara direbus maupun dikukus. Kemudian Anda haluskan secara lembut menggunakan blender.


Kesimpulan

Ada banyak jenis makanan yang bagus untuk MPASI. Meski begitu, Anda juga harus mempertimbangkan aspek penting lainnya, yaitu seperti kandungan nutrisinya agar MPASI yang Anda buat menjadi lebih optimal.

Itulah informasi penting yang harus Anda perhatikan saat memilih menu makanan bayi 6 bulan anak yang sudah bisa Anda berikan MPASI. Bagi yang tidak ingin ribet, kini Anda bisa langsung memberi mereka bubur bayi Cerelac dari Nestle.

 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.