Pengunjung Blog



Nutrisi yang Terkandung dalam Bubur Sayur

 


Bubur masih menjadi makanan andalan bagi para Bunda yang ingin menyiapkan MPASI untuk Si Kecil. Ada banyak bahan yang biasanya digunakan untuk membuat bubur, salah satunya yaitu sayuran. Bahan makanan satu ini memang direkomendasikan para ahli karena mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Bubur sayur juga mudah dibuat karena bahannya mudah ditemukan. Lebih jelasnya, berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat dari sayur:


Vitamin C

Manfaat vitamin C yaitu untuk menjaga kesehatan gusi, gigi, otot, kulit, dan juga tulang. Tidak hanya itu saja, vitamin yang biasanya ada pada buah jeruk ini juga bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi, mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah flu.


Vitamin E

Vitamin E digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan otot serta membantu proses metabolisme. Selain itu, ada manfaat lainnya yaitu sebagai antioksidan. Antioksidan penting agar Si Kecil bisa terhindar dari efek buruk radikal bebas.


Vitamin B Kompleks

Ada beberapa jenis sayuran yang mengandung vitamin B kompleks. Manfaat vitamin ini untuk proses metabolisme pembentukan sel darah merah. Vitamin B kompleks juga berperan dalam meningkatkan selera makan Si Kecil, membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, menjaga sistem saraf, dan membantu sel menggunakan oksigen.


Pro-vitamin A

Beta karoten dalam sayuran mengubah pro vitamin A menjadi vitamin A yang dibutuhkan untuk penglihatan Si Kecil. Selain itu, bubur sayur dengan kandungan pro-vitamin A juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh, mengganti sel tubuh, pertumbuhan tulang, rambut, mata, dan kulit. 




Mineral

Banyak mineral yang terkandung dalam sayuran, termasuk zat besi dan kalsium. Zat besi berguna untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan juga mencegah terjadinya anemia. Sedangkan kalsium berguna untuk pertumbuhan gigi dan tulang.

Itulah kandungan nutrisi penting yang ada pada bubur sayur. Beberapa macam sayuran yang sering digunakan untuk membuat bubur yaitu wortel, bayam, brokoli, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang tidak selalu memiliki waktu untuk membuat bubur sendiri, cobalah memilih bubur instan dari Nestle Cerelac. Beberapa varian rasa yang menggunakan sayur yaitu Bubur Sereal Susu Wortel Bayam Labu dan Bubur Sereal Susu Ayam Sayur.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.