Pengunjung Blog



5 Tips Agar Bisa Menjadi Animator Profesional

Bagi Anda yang baru pertama kali mempelajari animasi, pasti bertanya-tanya dari mana harus memulai. Apakah harus masuk sekolah animasi atau justru belajar otodidak saja? Kebanyakan orang akan memilih mempelajarinya di sekolah atau kursus animasi. Namun, tidak sedikit yang belajar otodidak.

Bagi Anda yang ingin mempelajarinya di sekolah, maka harus mencari sekolah yang terbaik. Sebab hanya sekolah-sekolah terbaik menyediakan pendidikan terbaik yang merupakan perpaduan antara teori dan praktik. Misalnya, IDS Education.

Setelah punya sekolah tujuan untuk belajar animasi, Anda harus tahu bahwa menjadi animator tidaklah instan dan perlu proses serta pembelajaran berbagai teknik. Selain itu, Anda juga perlu melakukan latihan terus menerus.

Tips Menjadi Animator

Menjadi animator bukanlah hal yang begitu sulit, terutama jika Anda sudah suka dengan dunia animasi maupun menggambar. Agar bisa menjadi animator profesional ada beberapa tips yang harus Anda lakukan, yaitu:

Kenali Apa Itu Animasi 

Pertama-tama harus kenal apa itu animasi. Ini adalah dasarnya, Anda harus mengetahui dan mengenal mengenai animasi. Apa saja yang harus dipelajari dan hal penting apa yang harus dilakukan oleh seorang animator, apa tanggung jawab, serta prinsip dasar animasi. Hal-hal seperti ini merupakan hal dasar bagi seorang yang akan mempelajari animasi sehingga siap menghadapi tantangannya. 

Instal Software Animasi

Jika ingin belajar di sekolah animasi tentu membutuhkan software yang digunakan untuk membuat animasi. Saat ini ada banyak software bisa digunakan untuk membuat animasi, seperti Animaker, Blender, K-3D, OpenToonz, Pencil2D Animation, dan Powtoon.

Ada software yang bisa didapatkan gratis, tapi tidak sedikit yang berbayar juga. Biasanya software berbayar memiliki beberapa keunggulan, tapi bukan berarti yang gratisan tidak bagus digunakan. Banyak animator sukses menggunakan software gratisan.

Cari Referensi Pembuatan Animasi dan Rajinlah Berlatih

Tips selanjutnya, Anda perlu mencari referensi atau tutorial pembuatan animasi. Ada banyak tutorial pembuatan animasi di internet, Anda dapat mencoba mencari dan mengumpulkan beberapa referensi, mulailah dari yang mudah dulu.

Misalnya, memulai dari teknik menggambar dasar dan membuat karakter untuk video singkat. Jika sudah punya software animasinya akan lebih mudah. Hal paling penting adalah melakukan latihan terus menerus.

Masuk Sekolah atau Kursus Animasi

Selanjutnya adalah masuk sekolah atau kursus animasi. Belajar animasi memang paling afdol kalau di sekolah khusus mempelajari animasi. Banyak juga sih yang belajar otodidak, tapi kalau sekolah akan dapat ijazah atau sertifikat sehingga bisa cari kerja lebih cepat.

Tentu saja, harus cari sekolah yang tepat dengan sistem pembelajaran fokus pada praktik dan program pembelajarannya jelas. Ada banyak sekolah tinggi maupun tempat kursus yang menyediakan jurusan animasi, Anda tinggal cari-cari informasinya. Salah satunya adalah IDS Education.

Pelajari Apa yang Dikerjakan Animator

Tips terakhir adalah Anda harus mempelajari apa saja yang dikerjakan animator, sebab tugas dan tanggung jawab animator bukan hanya membuat animasi saja. Bahkan bisa dikatakan tugasnya animator itu sangat beragam, mulai dari membuat desain hingga animasinya, bisa jadi sutradara, pencari talent, dan berbagai pekerjaan lainnya.

Bagaimana, tidak sulit bukan menjadi seorang animator? Kuncinya adalah Anda harus belajar dengan baik dan temukan sekolah animasi terbaik. IDS Education merupakan sekolah tinggi dengan pembelajaran menggunakan sistem pendekatan real time project sehingga memberikan pengalaman terbaik dalam belajar dan mempersiapkan peserta didiknya untuk terjun langsung ke dunia industri animasi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.