Pengunjung Blog



Pastikan Keaslian Berlian Dengan 5 Cara Berikut!

Berlian merupakan salah satu jenis batu permata yang dikenal memiliki karakter yang kuat, serta memiliki tingkat kekerasan sebesar 10 Mohz. Tak heran jika berlian ini banyak dijadikan sebagai perhiasan dan juga pilihan utama sebagai wedding rings couple, karena selain memiliki ketahanan yang luar biasa, kilauannya pun sangat memanjakan mata. 

Sayangnya untuk mengenali jenis berlian yang asli atau palsu ini, tidak semua orang paham mengenai hal ini. Itu sebabnya pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai berbagai macam cara untuk memastikan keaslian dari berlian. Penasaran apa sajakah itu? Berikut diantaranya : 

Melakukan tes bacaaan menggunakan batu berlian

Berlian yang asli memiliki sifat yang tidak bisa membiaskan cahaya dalam garis lurus. Itu sebabnya melakukan tes baca menggunakan batu berlian ini, bisa menjadi metode untuk memastikan keaslian dari suatu perhiasan berlian. Caranya cukup mudah, anda tinggal meletakan batu berlian diatas buku, majalah, koran dan lain sebagainya. Nah, bila anda masih bisa membaca dengan jelas atau sedikit blur dari tulisan dari media baca tersebut, maka bisa dipastikan bahwa berlian yang anda tes tersebut adalah berlian palsu.  

Melakukan tes embun pada batu berlian


Untuk cara memastikan keaslian dari berlian selanjutnya, maka anda bisa lakukan dengan metode tes uji embun. Caranya, tinggal hembuskan nafas anda ke arah batu berlian, seperti halnya anda menghembuskan nafas ke hadapan cermin. Nah, bila embunnya bertahan lama pada permukaan berlian seperti halnya pada saat kita menghembuskan nafas ke hadapan cermin, untuk keaslian berlian tersebut patut anda pertanyakan. Karena sejatinya sifat dari berlian yang asli adalah bisa menghilangkan embun dengan cepat. 

Penerawangan bayangan berlian

Dengan melakukan penerawangan terhadap bayangan berlian, bisa juga dijadikan sebagai metode pengecekan keaslian dari berlian. Caranya, anda tinggal melihat permukaan atas berlian lalu lihat bayangan yang dipantulkan. Bila dihasilkan warna bayangan yang berwarna putih atau abu-abu, maka selamat berlian tersebut adalah berlian yang asli. Jika dihasilkan warna bayangan dari berlian diluar dari kedua warna tersebut, maka keaslian dari berlian yang anda tes bisa sangat diragukan. 

Pengetesan melalui kaca pembesar

Untuk melakukan pengetesan keaslian berlian, juga bisa dengan melakukan kaca pembesar jenis loupe. Amati tepian dari batu berliannya, jika terlihat tajam maka berlian tersebut adalah berlian yang asli. Sedangkan untuk berlian yang palsu, ketika dilihat dengan menggunakan kaca pembesar loupe ini, akan terlihat tepian berliannya nampak membulat.  

Metode penggoresan batu berlian

Jika dirasa pengetesan keaslian berlian diatas belum bisa meyakinkan anda, yang ingin membeli wedding ring dari berlian, maka anda bisa melakukan pengetesan ketahanan berlian. Caranya anda bisa menggosokan berlian yang mau dites keasliannya, dengan menggunakan ampelas yang kasar. Jangan khawatir akan lecet atau tergores, karena sejatinya sifat dari berlian yang asli, tidak akan meninggalkan cacat ataupun goresan akibat gosokan dari ampelas kasar sekalipun. Karena seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, bahwa sifat dari berlian asli ini adalah memiliki ketahanan dan juga kekerasan yang sangat baik. 

Nah, seperti itulah beragam cara untuk memastikan keaslian dari perhiasan berlian. Jadi jangan bingung lagi atau merasa takut lagi untuk membeli perhiasan yang terbuat dari batu berlian ini ya! Perihal membeli wedding ring couple yang terbuat dari batu berlian asli ini, maka anda bisa memesannya secara langsung di Mondial Jeweller. 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.