Pengunjung Blog



Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menyajikan Menu MPASI



Masih banyak orang tua yang bingung mengenai cara penyajian MPASI yang tepat. Baik itu menu MPASI buatan sendiri ataupun menu MPASI cerelac Nestle

Untuk itu pada kesempatan kali ini, berikut hal yang harus diperhatikan saat akan membuat menu MPASI buatan sendiri, ataupun campuran menu MPASI dari cerelac nestle. Check this out !


Cuci peralatan makan bayi dengan baik

Pencernaan bayi sangat rentan sekali terkena berbagai penyakit. Dengan demikian kebersihan peralatan makan bayi harus menjadi perhatian utama bagi bunda sebelum menyajikan menu MPASI buatan, ataupun menu MPASI cerelac nestle.  

 

Jangan dihaluskan dengan blender

Menghaluskan bahan makanan dengan menggunakan blender memang terbilang cukup praktis. Namun untuk penyajian MPASI dengan penghalusan blender, ternyata tidak terlalu disarankan oleh berbagai praktisi gizi. Karena ternyata dengan penghalusan menggunakan blender ini, malah akan merusak dan menguraikan kandungan nutrisi penting pada bahan makanan MPASI nya. 


Hindari memasak terlalu lama

Untuk menyajikan menu MPASI berbahan sayuran memang sejatinya harus dimasak secara matang penuh, demi menghilangkan berbagai bakteri yang ada didalam sayuran. Namun demikian, sangat tidak dianjurkan untuk memasak terlalu lama ya bunda. Karena bila dimasak terlalu lama, malah bisa membuat berbagai nutrisi dalam MPASI ini bisa hilang begitu saja. Hal ini juga berlaku untuk memasak bahan makanan MPASI dari telur dan juga ikan. 


Berikan tekstur MPASI yang sesuai dengan usia sikecil

Perlu bunda ketahui bahwa beda usia sikecil maka akan berbeda pula anjuran untuk penyajian MPASI nya sendiri. Setidaknya ada 6 jenis tekstur untuk MPASI nya sendiri, yang bisa diberikan kepada sikecil, sesuai dengan usianya. Dan berikut diantaranya :





Untuk tahapan usia 6-9 bulan 


  1. Puree : Bahan makanan bisa dihaluskan seperti menyerupai bubur 
  2. Mashed : Bahan makanan yang dilumatkan sampai teksturnya halus
  3. Untuk tahapan usia 9-12 bulan
  4. Minced : bahan makanan yang dicincang sampai halus
  5. Chopped : bahan makanan yang dicincang sampai kasar
  6. Finger foods : makanan atau snack bayi yang bisa dipegang oleh tangan sikecil
  7. Untuk tahapan usia 12-23 bulan

Untuk tahapan usia ini, si kecil sudah mulai bisa mengkonsumsi menu makanan keluarga, yang bisa dihaluskan bila perlu. 



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.