Pengunjung Blog



Melatih anak-anak agar aktif bergerak di ruang terbatas


Bagi para orang tua yang memiliki anak-anak dengan pergerakan Aktif tidak perlu merasa risau maupun khawatir dengan proses pertumbuhan dan perkembangan buah hatinya. Anak-anak yang aktif Memiliki proses pertumbuhan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan anak-anak dengan pergerakan yang lebih pasif.


Selain itu mereka juga akan memiliki risiko yang lebih rendah mengalami obesitas atau kegemukan jika dibandingkan dengan anak-anak yang kurang aktif dalam pergerakannya. Bagi ayah dan bunda yang mampu memberikan fasilitas berupa ruang bergerak yang cukup luas akan lebih mudah melatih si kecil untuk aktif bergerak akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi para orang tua yang memiliki rumah dengan ukuran cukup kecil sehingga tidak bisa memberikan fasilitas berupa ruangan yang luas untuk bermain bagi anak-anak. Akan tetapi meskipun demikian ada beberapa ide permainan kreatif yang bisa dilakukan di tempat-tempat yang tidak terlalu luas.


Beberapa macam ide permainan kreatif yang bisa dipraktekkan di tempat yang tidak terlalu luas di antaranya adalah bermain bola. Permainan yang menggunakan bola tidak harus selalu dilakukan di tempat yang luas. Memanfaatkan area kamar maupun ruang tengah di dalam rumah yang tidak terlalu besar saat akan melakukan permainan tersebut bisa saja dilakukan oleh ayah maupun Bunda.


Coba untuk melakukan permainan sederhana berupa permainan melempar bola maupun menendang terlebih lagi apabila usia si kecil belum terlalu dewasa. Dengan permainan sederhana menggunakan bola bisa memicu pergerakan buah hati kita agar aktif bergerak untuk mengambil maupun menendang bola tersebut. Hal tersebut tentunya akan mempermudah merangsang pergerakan motorik halus pada tubuhnya.



Selain permainan bola, ide permainan kreatif lainnya yang bisa memanfaatkan area yang tidak terlalu luas adalah menari. Apabila memiliki ruang bermain yang cukup terbatas di dalam rumah Bunda bisa melatih buah hatinya untuk bergerak berupa melakukan tarian saat memutar lagu anak-anak.


Untuk melatih agar buah hati kita ingin menari Bunda bisa mempraktekkan beberapa macam gerakan sederhana seperti gerakan kepala tangan pinggul maupun anggota tubuh lainnya agar si kecil lebih mudah dan lebih tertarik untuk bergerak.


Membaca bisa menjadi salah satu alternatif permainan lainnya yang mampu melatih pergerakan pada setiap anak-anak. Pilihlah buku khusus anak-anak yang memiliki desain yang menarik serta kosakata yang bisa dipraktekkan berupa gerakan dan diikuti oleh pergerakan sekecil. Beberapa macam ide permainan yang kreatif tersebut akan memicu pergerakan buah hati agar lebih aktif dan memiliki kreativitas yang cukup tinggi.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.