Pengunjung Blog



Yuk Ketahui Prospek Kerja Lulusan Desain Interior


Apakah Anda telah mengenal jurusan desain interior? Sebenarnya seperti apa kuliah design jurusan desain interior itu? Apakah menarik? Lantas bagaimana dengan prospek kerja lulusan kuliah desain interior? Dalam artikel ini, semua pertanyaan tersebut akan dibahas secara tuntas. 

Jurusan desain interior mempelajari tentang perancangan dan perencanaan suatu ruang dan bangunan. Mungkin bagi sebagian orang, jurusan ini terdengar sepele. Cukup mudah, karena hanya menempatkan properti di sebuah ruangan. Padahal tidak demikian. Desain interior memperhatikan etestika, fungsi, dan juga mempertimbangkan psikologis dan kenyamanan pengguna ruangan tersebut. 

Perlu Anda ketahui, bahwa jurusan desain interior berbeda dengan jurusan arsitektur. Walaupun kedua jurusan ini merupakan jurusan di kuliah design. Jurusan arsitektur lebkh mengkaji rancangan keseluruhan bangunan. Sedangkan untuk jurusan desain interior, lebih mengoptimalisasikan pemanfaatan ruangan. Nah, kelihatan jelas kan, perbedaannya? 

Keahlian seperti apa yang dibutuhkan dalam jurusan desain interior? Tentunya Anda membutuhkan kreativitas yang tinggi. Dalam kuliah design, apapun jurusannya, modal paling utama adalah kreativitas. Anda juga harus memiliki kemampuan mendesain bangunan. Selain itu, kemampuan perencanaan anggaran juga diperlukan dalam jurusan ini. 

Selanjutnya adalah prospek kerja lulusan desain interior. Tentunya dalam memilih jurusan kuliah, Anda juga memperhatikan prospek kerja setelah lulus, bukan? Berikut adalah prospek kerja lulusan desain interior.



Konsultan Properti

Lulusan desain interior tidak hanya melulu berkutat dengan desain rumah saja. Desain interior juga berperan dalam mendesain hotel, rumah sakit, retoran, cafe, bandara, musium, tempat wisata, dan masih banyak objek lainnya. 

Di Indonesia sendiri, perusahaan yang bergerak di bidang konsultan properti cukup banyak. Anda tidak perlu khawatir kehabisan peluang kerja. Konsultan properti selalu dibutuhkan dalam projek pembuatan suatu properti. Banyak juga perusahaan pemerintah yang membutuhkan lulusan desain interior. 

Usaha Material Furniture

Apabila Anda tidak berminat dalam pekerjaan yang berkutat dengan desain, Anda dapat mencoba peluang usaha material furniture. Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang lebih menyukai mempelajari bahan furniture. 

Anda dapat membuka toko furniture. Atau mungkin Anda dapat bekerja di perusahaan furniture dan menjadi desainer furniture. Banyak perusahaan furniture di Indonesia yang pastinya membutuhkan lulusan desain interior. Tentunya Anda juga bisa membuka toko furniture sendiri atau di bawah suatu perusahaan. 

Dekorator

Jika dua pilihan pekerjaan tadi belum cocok dengan minat Anda, Anda dapat mencoba menjadi dekorator. Pekerjaan ini tergolong simpel. Anda sebagai dekorator akan diminta mendekorasi sebuah ruangan dengan tema yang telah ditentukan oleh sang klien. Pekerjaan ini diperuntukkan untuk lulusan desain interior tentunya yang lebih memahami etestika dan keseimbangan dalam sebuah ruangan. 

Media Elektronik

Dalam perusahaan media elektronik, terdapat juga desainer yang bekerja di belakang layar. Anda dapat mendesain panggung dalam sebuah acara misalnya. Anda akan bekerja di belakang layar. Anda diminta mendesain suatu acara agar menarik dan nyaman saat acara berlangsung. 

Nah, demikianlah beberapa prospek kerja lulusan desain interior. Apakah Anda tertarik pada jurussan ini? Anda dapat bergabung bersama International Design School untuk mendalami ilmu desain Anda. IDS akan mempersiapkan Anda untuk terjun bekerja di industri nasional sampai internasional. 

Jangan khawatirkan masalah fasilitas. Para mahasiswa di International Design School dibekali dengan fasilitas yang lengkap guna mempermudah pembelajaran. Belum lagi, IDS bekerja sama dengan Universitas internasional. Tak menutup kemungkinan mahasiswanya dapat melanjutkan studi ke universitas tersebut. 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.