Pengunjung Blog



Ketahui Jenis Emas Yang Bisa Digunakan Untuk Perhiasan Emas

perhiasan emas

Emas merupakan logam paling populer untuk perhiasan. Perhiasan emas asli biasanya tidak terbuat dari emas 100%. Emas juga dikenal sebagai logam yang memiliki nilai jual tinggi diantara logam lainnya. Namun sebenarnya emas memiliki beberapa jenis. Bukan hanya campurannya, namun juga terdapat faktor eksternal yang mempengaruhi nilai jualnya. 

Salah satu sifat emas adalah sulit dibentuk dan mudah untuk rusak. Oleh karena itu, selalu ada campuran logam lainnya agar mudah terbentuk. Akibatnya muncul beberapa jenis emas sehingga memunculkan beberapa warna. Bukan hanya berwarna kuning saja. Ada pula berwarna putih, merah, hijau, dan lainnya. Namun warna kuning lebih populer untuk dijual dan dipakai sebagai perhiasan emas. 

Jenis Perhiasan Emas Berdasarkan Warna

Banyak yang memakai emas sebagai investasi masa depan. Karena nilainya semakin naik. Namun beberapa orang tidak tahu bahwa emas bukan hanya berwarna kuning saja. Ternyata ada beberapa warna lain. Warna-warna tersebut dihasilkan dari perpaduan logam yang dicampurkan. Tapi tetap di dalamnya masih terdapat campuran emas murni. Berikut penjelasannya. 

perhiasan emas

1. Emas kuning

Warna ini paling populer diantara warna emas lainnya. Mayoritas di pasaran lebih banyak menggunakan warna emas kuning. Terutama jika digunakan untuk cincin pertunangan dan cincin kawin. Selalu ada perbedaan karat di dalam emas kuning. Misalnya 24 karat, 20 karat, dan lainnya. Namun emas yang lebih besar karat nya lebih berkilau dibandingkan yang sedikit karatnya. Emas kuning adalah satu-satunya emas yang bisa dibuat 100% emas murni. 

2. Emas putih

Pilihan warna lain yang populer adalah emas putih. Banyak yang mengira bahwa emas ini memang berwarna putih, namun kenyataannya adalah berasal dari campuran emas kuning, nikel, perak, dan seng. Meskipun sudah dicampur dengan logam lainnya, masih tetap saja terdapat rona kekuningan. Dan untuk mendapatkan rona keputihan, biasanya dilapisi dengan rhodium. Kualitas tertinggi untuk emas putih adalah 18 karat. 

3. Rose gold

Seringkali emas ini disimbolkan sebagai perhiasan romantis. Akhir-akhir ini rose gold semakin populer. Campurannya adalah emas dan tembaga. Campuran tembaga inilah yang membuat emas ini memiliki rona kemerahan. Semakin tinggi kandungan tembaganya maka akan semakin merona warna kemerahannya. Lebih sering juga disebut sebagai emas merah atau emas merah muda. Harga rose gold lebih terjangkau dibandingkan yang lainnya. Selain itu, campurannya membuat rose gold lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan emas lainnya. 

4. Emas hijau

Banyak yang masih belum tahu kalau ada emas hijau. Emas hijau memang tidak sepopuler dengan warna lainnya. Namun warna ini sangat unik dan tentu saja jarang dipakai orang lain. Berwarna hijau dikarenakan campuran logam emas murni 24 karat dengan logam tembaga, kadmium, dan perak. Akibat campuran keempat logam tersebut, menghasilkan emas yang berwarna hijau yang cantik dan unik.

5. Emas jingga

Seperti halnya emas hijau, emas jingga juga tidak begitu populer seperti emas lainnya. Perpaduan dari emas murni, perak murni, dan tembaga menghasilkan warna jingga. Sebenarnya logam tembaga dan peraknya yang bisa membuat warna jingga, semakin banyak kandungan peraknya, maka warna jingga akan semakin mendominasi. Sebaliknya, jika perak nya semakin sedikit maka warna jingganya juga semakin sedikit.

Itulah beberapa warna  emas yang bisa diketahui. Perhiasan emas biasanya terdiri atas cincin, kalung, giwang, bahkan gigi juga terbuat dari emas. Beberapa aksesoris HP kerap terbuat dari emas. Namun, perlu diingat, emas 18 karat lebih bagus dipakai untuk perhiasan. Jika menginginkan perhiasan yang berkualitas dan memiliki model terbaru, The Palace bisa dijadikan rujukan. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.