Pengunjung Blog



Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Yuk Pilih Jurusan Teknik Informatika

jurusan teknik informatika

Memilih jurusan kuliah memang menjadi hal yang menggalaukan. Apalagi jika kamu juga memperhitungkan peluang kerja kedepan. Salah satu jurusan kuliah yang memiliki peluang besar di dunia kerja di zaman yang serba digital ini yaitu teknik informatika. Jurusan teknik informatika merupakan jurusan yang sedang banyak peminatnya. Kenapa bisa? Yuk intip jawabannya!

Peluang Kerja di Masa Depan

Sebagai lulusan teknik informatika, kamu memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Peluang tersebut yaitu meliputi:

Web Developer

Sebagai web developer nantinya Anda akan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk membuat website-website penting perusahaan. Perusahaan mana yang tidak memiliki sistem pemasaran online? Jawabannya tentu saja hanya sedikit sekali perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan zaman di dunia digital.

jurusan teknik informatika

Game Developer

Fenomena game online saat ini tengah menjamur. Sebagian besar orang khususnya I kalangan anak muda pasti menjadi pecinta game online. Perusahaan-perusahaan game semakin hari semakin banyak. Sehingga nantinya kebutuhan akan game developer juga meningkat. Peluang bagi kamu lulusan jurusan teknik informatika bukan!

Software Developer

Saat ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan software untuk mendukung jalannya bisnis. Software ini biasa digunakan pada perusahaan transportasi, toko, tempat makan, penginapan dan sebagainya.

Full Stack Developer

Seorang full stack developer bekerja dengan berbagai bidang IT dan bertanggung jawab mengembangkan dan mengolah database, server, sistem serta engineering. 

Front End Developer

Front end developer merupakan programmer yang memiliki tugas mengerjakan program yang bisa langsung dilihat oleh pemakai. 

Back End Developer

Seperti halnya front end developer, back end developer juga merupakan programmer, namun tugasnya ada di belakang layar. Seorang back end developer menangani bagian data website, juga termasuk menangani server dan database.

Android Developer

Android developer merupakan programmer yang fokus merancang dan membuat aplikasi android supaya bisa digunakan. 

Sebenarnya masih banyak lagi peluang kerja yang dimiliki oleh lulusan jurusan teknik informatika. Untuk mencapai peluang kerja di masa depan, seorang mahasiswa dan mahasiswi teknik informatika akan dibekali oleh berbagai pelajaran.

Kurikulum Mata kuliah Teknik Informatika

Secara umum mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa/I selama kuliah diantaranya:

Mata kuliah matematika 

Mata kuliah Algoritma da Pemrograman

Mata kuliah Logika Informatika

Jaringan Komputer

Pemrograman Java, dan

Pemrograman Web

Selain ke-6 mata kuliah wajib di atas, lulusan teknik informatika juga akan mendapatkan mata kuliah bahasa pemrograman. Dimana bahasa pemrograman sangat penting bagi lulusan teknik informatika untuk mendukung karirnya di masa mendatang.

Syarat Latar Belakang Pendidikan Calon Mahasiswa dan Mahasiswi

Bagi calon mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki latar belakang pendidikan IPA dan Teknik mungkin mudah saja untuk melanjutkan pendidikan tinggi teknik informatika. Namun bagaimana jika calon mahasiswa dan mahasiswi memiliki latar belakang pendidikan non IPA dan non Teknik? Tentu jawabannya adalah tidak masalah.

Teknik Informatika terbuka bagi seluruh calon mahasiswa dan mahasiswi tanpa melihat latar belakang pendidikan. Bahkan bagi calon mahasiswa dan mahasiswi yang lulusan Madrasah Aliyah pun bisa melanjutkan pendidikan teknik informatika.

Rekomendasi Kampus

Kampus di Indonesia yang sudah terpercaya dan terbaik dan menyediakan jurusan ini (Teknik Informatika) yaitu STMIK Bidakara. Kampus ini merupakan representasi dari IDS Digital Callege yang memiliki kurikulum bertaraf Internasional. Tenaga pendidiknya pun juga profesional. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.