Pengunjung Blog



Hal yang Perlu Diketahui Orang Tua Saat Buah Hati Berumur 1 Tahun


Memiliki seorang anak merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi setiap orang tua terlebih lagi apabila buah hatinya mampu tumbuh dan berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan. Semua perubahan ketika proses pertumbuhan dan perkembangan anak-anak perlu diperhatikan dengan sangat baik oleh setiap orang tua. Tahapan tumbuh kembang anak akan sangat berpengaruh terhadap masa depan mereka sehingga semua itu harus dipastikan bisa dilewati tanpa ada kendala sama sekali.


Semua orang tua perlu mengetahui berbagai macam hal penting yang terjadi selama tahapan tumbuh kembang anak salah satunya adalah kemampuan kognitif. Ketika buah hati kita menginjak umur 1 tahun ada baiknya kita perlu mengajarkan untuk memecahkan beberapa macam permasalahan sederhana salah satu contohnya adalah menemukan mainan yang disembunyikan di dalam genggaman menirukan gerakan sederhana menyuruh beberapa instruksi yang mudah untuk dilakukan dan berbagai macam kegiatan sederhana lainnya.



Dengan membiasakan mereka untuk memecahkan masalah maka secara tidak langsung kecerdasan dan daya nalarnya akan terus berkembang semakin baik. Hal selanjutnya yang perlu diketahui selama masa pertumbuhan ketika buah hati kita menginjak 1 tahun adalah kemampuan verbal atau berbahasa.


Salah satu tolak ukur tahapan tumbuh kembang anak yang baik selama berusia 1 tahun adalah kemampuan verbal atau bahasa yang baik. Ketika berusia 1 tahun anak-anak biasanya sudah mulai memahami beberapa kata-kata sederhana, memiliki perbendaharaan kata yang semakin baik, menunjuk ke beberapa bagian tubuh dan mengucapkan kalimat sederhana yang terdiri dari 1 hingga 2 suku kata pertumbuhan tinggi badan dan perkembangan berat badan juga sangat berpengaruh dan perlu dicermati oleh setiap orang tua ketika buah hatinya menginjak 1 tahun.


Pada umumnya tinggi badan anak usia 1 tahun adalah 1,5 kali lebih tinggi dari saat mereka lahir sedangkan untuk berat badan berkisar 3 kali dari berat badan ketika mereka lahir. Pada saat usia 1 tahun semua orang tua juga harus melatih kemampuan emosional dan sosial berarti mereka sendiri. Berbagai macam ekspresi emosional yang dikeluarkan oleh buah hati kita harus bisa diarahkan kepada hal yang positif. Karena hal tersebut tentu akan terbawa ketika buah hati kita beranjak remaja hingga dewasa.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.