Pengunjung Blog



Penyebab Anak Gagal Tumbuh Tinggi

agar anak tumbuh tinggi

Pertumbuhan dan perkembangan optimal merupakan hal yang diinginkan orang tua terhadap anaknya. Pertumbuhan yang optimal salah satunya ditandai dengan pertumbuhan tinggi yang signifikan yang terjadi pada anak di usia periode emasnya. Periode emas merupakan periode yang bagus untuk membuat anak dapat tumbuh dengan optimal. 

Pada masa ini anak akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Oleh karena itu pada masa ini banyak cara yang bisa dilakukan agar anak tumbuh tinggi. Seperti memenuhi kebutuhan nutrisi anak, dengan memberikannya susu setiap hari dengan porsi yang sesuai usianya.. dengan tidak memperhatikan kebutuhan anak di masa pertumbuhannya dapat menyebabkan anak gagal tumbuh.

agar anak tumbuh tinggi

Berikut beberapa hal yang menyebabkan anak gagal tumbuh tinggi:

Kurangnya asupan nutrisi

Nutrisi sangat penting bagi pertumbuhan anak. Jika anak kekurangan nutrisi maka proses pertumbuhannya pun bakalan terhambat bahkan bisa terjadi anak gagal tumbuh atau stunting. Dimana tinggi badan dan berat badan anak kurang.

Gangguan pencernaan

Adanya masalah dalam sistem pencernaan dapat mengakibatkan gangguan penyerapan nutrisi pada anak. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh anak tidak semuanya terserap dengan baik.

Kebiasan makan yang buruk

Kebiasaan makan yang buruk seperti makan sambil menonton tv dan jadwal makan yang tidak teratur dapat menyebabkan anak gagal mempunyai tubuh yang ideal. Karena makanan yang dibutuhkan tidak terpenuhi dengan baik.

Paparan infeksi, parasite dan racun

Anak yang terkena infeksi atau racun, seperti penyakit bawaan akan menghambat tumbuh kembang anak. Oleh karena itu penting sekali untuk memeriksakan kesehatan anak agar tidak menghambat proses pertumbuhannya.

Kurangnya pemahaman orang tua terhadap kebutuhan gizi anak

Kurangnya pemahaman orang tua terhadap kebutuhan gizi anak merupakan salah satu faktor yang bisa menjadikan anak tidak tumbuh tinggi. Karena pengetuhuan akan asupan gizi yang seimbag adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sebagai orang tua hendaknya memperhatikan semua aspek yang dapat menyebabkan anak gagal tumbuh.  Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya anak gagal tumbuh dan sebagai orang tua kita bisa memaksimalkan proses pertumbuhan dan perkembangan anak dengan baik, agar anak tumbuh tinggi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.