Pengunjung Blog



Faktor Pengaruh Naik Turunnya Bunga Deposito

bunga deposito
Jika membahas kegiatan dunia perbankan, pasti belum lengkap jika belum membahas mengenai deposito. Apa itu deposito? Deposito bisa diibaratkan sebagai sistem penyimpanan uang dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati oleh pihak bank dengan pihak nasabah untuk selanjutnya kemudian uang tersebut belum boleh diambil sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan.

Pada sistem deposito, dikenal dengan istilah bunga deposito yang memiliki besaran yang beragam pada tiap bank. Naik turunnya untuk bunga ini juga dikarenakan oleh berbagai alasan. Kami akan mengulas berbagai alasan tersebut di bawah ini.

Mengapa bunga deposito bisa naik dan turun? ada beberapa hal yang dapat menyebabkan naik turunya diantaranya seperti berikut.
bunga deposito
1. Tingkat likuiditas sebuah negara

Faktor pertama yang menentukan tinggi rendahnya bunga ini adalah tingkat likuiditas perekonomian sebuah negara. Jika sebuah negara memiliki tingkat likuiditas yang baik, maka akan tinggi pula bunga deposito yang akan diterapkan.

2. Adanya inflasi

Faktor inflasi juga berperan penting terhadap naik atau turunnya. misalnya jika inflasi meningkat, maka hubungannya dengan bunga ini juga akan meningkat, pun sebaliknya juga berpengaruh.

3. Capital Adequacy Ratio

Sebuah bank bisa dinyatakan sehat apabila memiliki tingkat CAR atau tingkat kecukupan modal minimal 8%. Peningkatan CAR ini akan berbanding terbalik dengan bagaimana pula tingkat bunga deposito yang malah akan menurun.

4. Perkembangan perekonomian sebuah negara

Jika sebuah negara memiliki tingkat perekonomian yang semakin baik atau semakin buruk juga bisa memberikan pengaruh juga akan naik dan turunnya. 

5. Tingkat pengembalian aset

Tingkat Return of Asset (ROA) yang tinggi akan menyebabkan peningkatan pada bagaimana tingkatan bunganya terutama yang berlaku pada negara atau lembaga perbankan tersebut.

6. Rasio peminjaman pada sebuah bank

Faktor yang satu ini bisa dipastikan sebagai suatu faktor peminjaman dana terhadap deposito yang bisa diberikan oleh bank. Faktor ini juga bisa menyebabkan pengaruh peningkatan naiknya bunga jika rasio peminjaman juga naik.

Dengan mengetahui berbagai faktor penyebab naik turunnya bunga deposito seperti yang ada di atas,semoga anda lebih tertarik untuk mengambil produk deposito di masa depan. Salah satu produk deposito yang sangat menguntungkan yaitu Jenius Maxi Saver.

Dengan setoran minimal yaitu Rp 10.000.000, anda akan bisa mendapatkan pengembalian dana dengan bunga sebesar 6,25% per tahunnya. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan sebagai sarana investasi. Jadi, jangan tunggu waktu esok. Gunakan Jenius maxi Saver sekarang juga!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.