Pengunjung Blog



7 Istilah Dalam Belajar Dan Sekolah Film Di Jakarta

Sekolah Film Di Jakarta
Saat melakukan proses produksi film, Ada beberapa hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan agar semua berjalan secara mulus dan tanpa hambatan. Salah satu hal paling dasar yang harus dipersiapkan ketika Anda terlibat dengan produksi film Adalah mengetahui berbagai istilah yang sering digunakan sutradara atau pun tim produksi saat melaksanakan tugasnya masing-masing. Jadi bagi Anda yang sedang belajar atau sekolah film di Jakarta harus tahu mengenai hal ini. 

Penggunaan istilah dalam proses produksi film lumrah dilakukan sebagai bentuk komunikasi antar crew atau pun siapa saja yang terlibat didalamnya. Jadi sebelum kamu benar-benar terjun ke lokasi produksi film ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa istilah yang paling umum atau yang paling sering digunakan. Antara lain: 

Sekolah Film Di Jakarta

1. Script Breakdown 

Istilah pertama adalah “script breakdown”  yang biasa digunakan oleh tim untuk merujuk kepada bedah naskah. Ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas apa saja elemen yang diperlukan dalam tiap adegan seperti misalnya lokasi, talent, property, hingga urusan wardrobe. Tak hanya itu, bagi seorang kameramen script breakdown ini digunakan sebagai cara untuk mencari tahu shot apa saja yang harus digunakan dalam tiap adegan, termasuk menentukan angle dan lain sebagainya. 

2. Pre-Production Meeting (PPM)

Selanjutnya adalah “Pre-Production Meeting”  atau PPM yang berarti adalah meeting besar bersama seluruh kru, investor, ataupun siapa saja yang terlibat dalam produksi film tersebut. Saat PPM ini biasanya para sineas akan memaparkan visi serta hal-hal lain secara mendetail terkait film tersebut termasuk soal jadwal produksi, budgeting dan lain sebagainya.

3. Scouting 

Dalam dunia perfilman scouting bisa berarti dua hal. Yang pertama adalah mencari lokasi sesuai referensi, yang kedua adalah mencari talent yang sesuai. Mencari talent secara langsung bisa disebut sebagai scouting, sementara jika membuka audisi untuk mencari talent baru bisa disebut casting. 

4. Reading 

Kemudian ada istilah “reading” seperti artinya, kegiatan ini adalah membaca naskah sebagai persiapan talent sebelum masuk masa produksi itu sendiri. Dengan membaca naskah ini secara teliti, talent akan mengetahui bagaimana karakter serta adegan apa saja yang bakal diperankan. 

5. Crew Call 

Memiliki arti dan fungsi sebagai pengingat kepada kru agar datang di waktu yang tentukan secara tepat dan tidak terlambat. Biasanya, proses crew call  ini dilakukan oleh sang produser langsung dengan cara menghubungi beberapa jam sebelum dimulainya proses pengambilan gambar. 

6. On Cam 

Istilah On Cam sendiri biasanya digunakan oleh produser atau sutradara yang menyatakan bahwa kamera harus siap untuk merekam. Istilah ini juga bisa merujuk kepada durasi waktu yang diberikan sejak crew call hingga dimulainya take shooting. Bagi yang baru belajar  sekolah film di Jakarta, biasanya akan sering menemukan istilah ini. 

7. Blocking 

Selanjutnya ada istilah “Blocking” yang sering disebutkan untuk mengatur property, pencahayaan, hingga posisi talent agar semuanya terlihat sempurna di depan kamera. Tak hanya itu, istilah Blocking juga biasa digunakan untuk menentukan setiap pergerakan talent agar tetap selaras dengan elemen lain yang ada. 

Itulah tadi istilah-istilah yang ada dalam dunia perfilman. Bagaimana menurut Anda? tertarik untuk mulai menjadi bagian dari sebuah film? Jika ya, maka Anda bisa bergabung bersama Internasional Design School (IDS) yang juga merupakan sekolah film di jakarta terbaik. Penasaran seperti apa materi pembelajarannya? Langsung saja klik link berikut ini https://idseducation.com/course/digital-film/ selamat mencoba! 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.