Pengunjung Blog



Peluang karir Bagi Lulusan DKV

Kuliah DKV

Cakupan pekerjaan bagi seorang lulusan desain komunikasi visual cukup luas, tergantung pada minat dan keahlian nya. Peluang berkarir yang cukup menjanjikan bagi lulusan Desain Komunikasi Visual, contoh detail dari jenis profesi ini adalah seperti membuat label produk, mendesain logo, paket promosi hingga membuat iklan di media massa. Dengan begitu banyaknya keahlian yang didapat menjadikan kuliah DKV menjadi jurusan yang paling direkomendasikan untuk anak muda massa kini.

Kuliah DKV

Berikut adalah beberapa bidang usaha atau industri kreatif yang membutuhkan keahlian khusus Desain Komunikasi Visual, diantaranya adalah:

1. Stasiun Televisi

Menjadi creatif director atau menjadi pengarah konsep kreatif program televisi, dalam hal ini dibutuhkan keahlian desain komunikasi visual untuk memahami psikologis masyarakat, sehingga apa yang disampaikan pada acara tv tersebut tepat sasaran dan menarik minat banyak orang.

2. Biro Iklan (advertising)

Menjadi Art Director untuk sebuah biro Iklan, dalam bidang periklanan tugas serta tanggung jawab seorang Art Director adalah menerjemahkan teks kedalam bentuk visual. Sehingga tampilan visual dari suatu iklan akan sesuai dengan keinginan klien.

3. Percetakan dan Penerbitan

Industri percetakan dan penerbitan sudah pasti membutuhkan lulusan desain komunikasi visual untuk kebutuhan produk-produknya, selain itu seorang desainer visual terkadang bertugas melakukan kontrol kualitas hasil cetakan.

4. Production house

Production house atau rumah produksi pasti membutuhkan seorang illustrator untuk membuat desain visual seperti menggambar sketsa menggunakan alat tulis atau komputer. Sehingga menjadi seorang illustrator merupakan pekerjaan yang cocok untuk lulusan kuliah DKV, karena mempunyai beberapa keahlian dasar desain visual.

5. Industri perfilman

Salah satu rekomendasi pekerjaan yang paling cocok untuk lulusan desain komunikasi visual adalah sebagai Graphic Designer pada Industri Perfilman, pekerjaannya tentu membuat desain grafis untuk keperluan membuat film.

6. Wirausaha atau freelancer

Pekerjaan sebagai seorang freelancer merupakan pilihan yang cocok bagi tipe orang yang tidak ingin terikat jam kerja kantor, saat ini banyak perusahaan yang menggunakan jasa freelancer untuk membantu dalam proyek nya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.