Pengunjung Blog



Ikuti Tips Merawat Sepeda Motor di Sini!


Dengan memiliki fungsi yang berbeda-beda sebenarnya semua komponen yang terdapat pada sepeda motor itu penting, salah satunya jok motor. Tidak hanya bagian mesin, kelistrikan serta body saja yang perlu perawatan tetapi jok motor juga perlu diperhatikan meskipun banyak orang yang mengabaikan dengan begitu saja. Jok motor perlu dirawat agar tetap awet untuk kenyamanan pengendara dan penumpang.

Ketika jok sepeda motor kamu sudah rusak, robek hingga berlubang atau kotor pastinya kurang nyaman kan? Apalagi kalau motor yang kamu gunakan untuk beraktivitas sehari-hari pasti akan terasa sangat tidak nyaman. Hal tersebut pasti tidak ingin dialami setiap orang bukan?

Nah, buat kamu yang memilih untuk mengganti jok motor daripada memperbaikinya, pastikan pilih sarung jok yang terbuat dari kulit serta kualitas busa yang baik. Ciri dari busa berkualitas sendiri adalah tidak mudah kempes dan empuk. Dengan kualitas busa yang baik sarung jok motor pun juga tidak akan mudah rusak. Jangan berpikir kalau kamu tidak perlu melakukan perawatan pada bahan berkualitas. Sebab bahan yang berkualitas baik perlu perawatan lho, supaya tetap awet dan tahan lama. Kalian tahu cara merawatnya? Bagi yang belum tahu, yuk langsung simak tips merawat jok motor berikut ini!



Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat merawat jok motor yakni pastikan jok motor kamu terhindar dari benda-benda yang tajam entah itu benda mati maupun benda hidup. Karena benda-benda tajam akan sangat merusak jok motor sehingga tidak awet dan tidak nyaman digunakan lagi. Contoh benda hidup yang tajam adalah kuku hewan. Hewan yang sering banget naik ke jok motor adalah kucing. Dengan kukunya yang tajam pasti mudah sekali merusak jok motor kita.

Selain benda tajam kamu juga perlu memperhatikan apakah sepeda motor kamu terparkir di tempat yang teduh dan terhindar dari terik sinar matahari langsung. Tidak hanya itu saja ketika musim hujan, jok sepeda motor kamu tidak boleh terkena air hujan karena sifatnya yang asam dan berasal dari uapan air laut. Air hujan dan terik matahari secara langsung dapat merusak sarung jok dengan cepat walaupun itu terbuat dari kulit sekaligus.

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan dan wajib ada pada jok sepeda motor adalah cover jok. Dengan adanya cover ini, jok sepeda motor kamu akan terlindungi dari sinar matahari serta guyuran air hujan secara langsung sehingga memiliki fungsi sebagai pelindung.

Kemudian ketika kamu sedang mencuci motor dan sarung jok sepeda motor kamu yang berlubang jangan sekali-kali untuk membersihkannya. Karena air bekas cucian tadi akan meresap ke dalam busa jok. Hal ini disebabkan oleh air yang meresap ke dalam busa jok sehingga akan menyebabkan jok mudah rusak dan keras. Tetapi jika kamu merasa kurang nyaman dengan sarung jok yang berlubang segeralah ganti dengan yang baru sehingga kamu akan nyaman ketika menggunakannya.

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah jangan menggunakan steam yang berkekuatan semprot tinggi untuk menyemprot bagian jok sepeda motor, karena hal ini akan sangat mudah membuat sarung jok motor robek.

Nah, itulah beberapa tips untuk merawat jok motor agar tetap awet dan tahan lama. Memang jika diperhatikan baik-baik hal ini tidak sulit dan sangat sepele. Oleh sebab itu, untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada jok motor kamu perlu mengikuti tips dari kami ini. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.