Pengunjung Blog



Berita Terbaru! 4 Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Smartphone


Sudah tak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini, kecanggihan smartphone alias ponsel pintar sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Mungkin kalian juga menyadari akan hal itu, dimana semua orang memiliki ketergantungan pada gadget.

Hal itu juga terbukti bahwa hampir semua orang diseluruh dunia ini memiliki sebuah smartphone. Bahkan, ada satu orang yang memiliki 2 – 3 buah smartphone. Dan yang lebih mengejutkannya lagi, anak kecil saja sudah memiliki dan menguasai smartphone.

Seperti dilansir berita terbaru terkini yang menyebutkan bahwa kecanduan anak pada smartphone itu lebih cenderung kedampak negatifnya ketimbang dampak positifnya. Lantas, bagaimana caranya agar hal itu tidak terjadi pada anak kita ? Anda tidak perlu khawatir, karena ulasan dibawah ini akan memberikan 4 tips cara agar anak anda tidak kecanduan smartphone :

Berita Terbaru Tentang Tips Anak Tidak Kecanduan Smarphone

1. Suruh Anak Anda Agar Bermain Bersama Teman-temannya

Kecanduan anak pada smartphone, akan membuat ia tampak asyik sendiri tanpa memperdulikan apa yang ada disekitar lingkungannya. Tentu saja ini merupakan hal yang negatif, dimana anak anda tidak akan berkembang karena kurangnya interaksi dengan lingkungan sekitar.

Sedari itu, kita sebagai orang tua harus menyuruhnya agar ia mau bermain bersama teman-temannya. Dengan demikian, si anak akan berinteraksi dengan teman-temannya. Lambat laun, anak anda tidak akan kecanduan smartphone lagi.

2. Buat Ia Sibuk Dengan Kegiatan Lain

Saat anda melihat sang buah hati sedang asyik memainkan gadgetnya, maka buatlah ia sibuk dengan kegiatan lain. Misalkan saja anda hendak mencuci motor, kemudian ajaklah sikecil juga untuk diikutsertakan dalam mencuci motor. 

Atau bisa juga mengajaknya kepasar, membuat kerajinan tangan, pokoknya arahkan ia kedalam kegiatan yang tidak berhubungan dengan smartphone.

3.  Anda Jangan Pernah Memainkan Smartphone Didepan Sang Anak

Seperti yang kita ketahui bahwa seorang anak akan meniru kebiasaan orang tuanya. Jika anda biasa memainkan gadget didepannya, secara tak sadar justeru hal itulah yang membuatnya semakin penasaran dengan smartphone. Sedari itu, hilangkan kebiasaan kita memainkan smartphone di depan sang buah hati.

4. Jangan Pernah Memfasilitasinya

Ini dia hal yang paling penting dalam menghilangkan kecanduan smartphone pada anak. Tak sedikit orang tua yang membelikan sebuah smartphone kepada anaknya, dengan alasan sayang kepada anak. Orang tua mana yang tidak sayang pada anaknya.

Namun, bukan berarti kita harus menuruti semua apa yang diinginkan olehnya. Dengan kata lain, kita sebagai orang tua jangan pernah memfasilitasinya dengan memberikan sebuah samrtphone kepadanya.

Dan demikianlah berita terbaru hari ini tentang cara agar anak anda tidak kecanduan smartphone, yang mungkin bisa anda coba. Semoga bermanfaat ya!
Diberdayakan oleh Blogger.