Pengunjung Blog



Keunggulan Tepung Jagung

Keunggulan Tepung Jagung
Tepung adalah salah satu bahan yang selalu ada di dapur. Bahan ini tentu saja memiliki banyak kegunaannya, seperti untuk membuat kue, gorengan, atau pun sebagai pengental saus dan makanan yang berkuah. Perlu kita ketahui bahwa jenis dari tepung itu sangat beragam. Salah satu tepung yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat adalah tepung terigu. Jika Anda adalah seseorang yang mempunyai hobi memasak, maka Anda harus mampu mengenal serba-serbi tepung. 

Berikut ini akan di paparkan tentang serba - serbi tepung jagung markaindo.

Bentuk Tepung
Seperti pada umumnya bahwa bentuk tepung jagung sama dengan tepung yang lainnya yaitu memiliki tekstur yang lembut seperti terigu. Namun warna dari tepung jagung ini agak kering dan berbeda dengan tepung yang lainnya. Di Indonesia sendiri tepung jagung lebih terkenal dengan nama maizena. Maizena sebenarnya adalah sebuah merk tepung jagung dari negara Meksiko. Tepung jagung sendiri adalah pati yang terdapat dari jagung asli yang telah dikeringkan terlebih dahulu kemudian diubah bentuknya menjadi bubuk hingga menghasilkan tepung jagung.

Kegunaan
Tepung biasanya digunakan oleh ibu rumah tangga untuk membuat kue kering, bubur, atau pun macam-macam saus. Tepung jagung sendiri adalah pengganti tepung terigu yang kegunaannya sama namun berbeda bahan dasar saja. Dengan menggunakan tepung jagung, maka kue atau pun bubur akan menjadi kenyal dan pas. Namun dalam pemberian tepung jagung harus disesuaikan dengan takaran sebab jika berlebihan, maka bentuk kue tidak akan bagus dan rasanya pun tidak akan enak. 

Kelebihan
Tepung jagung tentunya lebih unggul dibandingkan dengan tepung terigu sebab tepung jagung ini sangat kaya dengan nutrisi yang di dalamnya terdapat protein, kalsium, fosfor dan zat besi. Tepung jagung sangat cocok bagi seseorang yang sedang melakukan program diet sehat dan juga bagi orang yang sedang mengidap penyakit alergi. 

Cara mengolah
Cara mengolah tepung jagung sangat banyak sekali. Misalnya Anda ingin mengolah tepung jagung ini untuk dicampurkan dalam pembuatan saus. Caranya ada dua. Yang pertama tinggal memasukan tepung jagung secara langsung, kemudian cara yang kedua agar lebih cepat sebelum tepung jagung tersebut di masukan kedalam adonan saus, alangkah baiknya diberi air dulu sedikit agar bisa kental secara sempurna. Jika Anda ingin membuat kue kering, maka anda harus memperhatikan takaran yang benar. Takarannya yaitu 1 : 3. Maksudnya 3 kali tepung terigu sama dengan 1 kali tepung jagung. Dengan mengetahui takaran tersebut, kita bisa membuat kue dengan kualitas baik. Selain dibuat menjadi saus dan kue, ternyata tepung terigu juga bisa di olah menjadi pembungkus gorengan agar renyah.

Tepung jagung markaindo sangat baik untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi jika kita sedang menjalankan program diet akan sangat baik sekali untuk dapat membuat program diet berjalan dengan lancar. Anda bisa mendapatkan tepung jagung di pasaran-pasaran sebab pemasarannya sudah luas. Jadi anda tidak harus bingung mencari tepung jagung ini.

Dengan berbagai kelebihan dari tepung jagung ini, tentu akan membuat anda tidak akan berpikir lagi untuk dapat menggunakan tepung jagung agar bisa membuat kue atau pun mengolah saus dengan menambahkan tepung jagung ini. Perlu anda ketahui bahwa tepung terigu ini merupakan produksi perusahaan Belanda yan sudah sejak lama dan terpercaya dari tahun 1867.
Diberdayakan oleh Blogger.