Pengunjung Blog



Tips Memasak Sayur Mayur


Sayur adalah makanan yang harus ada dalam menu setiap hari anda. Sayur memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut antara lain seperti untuk membersihkan usus, menyehatkan badan dengan nutrisi dan vitaminnya, dan menyehatkan organ-organ tubuh lain. Tetapi tahukah anda bahwa memasak sayur mayur tidak bisa sembarangan? Ya, sayur yang dimasak terlalu matang dengan api yang besar mungkin akan membuat anda percaya bahwa itu adalah sayur yang lebih menyehatkan. 

Namun kenyataannya memasak sayuran dengan cara demikian adalah cara yang salah dan yang tak seharusnya anda lakukan. Anda mungkin merasa tekstur sayur yang lebih lembut lebih enak dan rasanya lebih nikmat. Tetapi sayangnya justru sayur yang setengah matang atau yang matang sempurnalah yang memiliki khasiat yang bermanfaat bagi tubuh meskipun membuat rasa sayur jadi agak aneh. Jadi jika ingin memasak sayuran yang sesuai lidah anda mungkin anda harus lebih menekankan pada bumbu masak yang anda butuhkan sesuai tips memasak berlaku umum.

Sayuran seperti daun-daunan yang dimasak terlalu matang akan membuat zat hijau daun dan vitamin yang penting bagi tubuh jadi menghilang. Anda tentu tak ingin memasak sesuatu yang percuma bukan? Solusinya jika ingin memasak sayur setengah matang, anda bisa tambahkan bumbu masak yang enak untuk menghilangkan rasa setengah matang sayur anda. Dan masih ada tips memasak sayur yang lain sebagai berikut. Untuk sayuran anda bisa memasaknya dengan cara menumis namun dengan api yang tak terlalu besar. Jadi anda bisa mengontrol jika sudah saatnya masakan diangkat anda harus mengangkatnya. Kedua, jika anda memasak sayuran dengan dipanggang, pilih sayuran yang cocok yang mengandung banyak air agar vitamin tidak terbuang percuma karena sayuran dipanggang terlalu kering.

Selanjutnya, anda bisa mengolah sayur apa adanya tanpa dimasak. Atau jika anda tidak terbiasa dengan masakan mentah, anda bisa mengukusnya. Mengukus hanya membutuhkan air jadi sayuran tidak perlu tercampur dengan minyak yang memiliki kandungan lemak jahat. Tips berikutnya adalah dengan mempresto sayur atau merebusnya. Untuk merebus sayur pastikan terlebih dahulu air telah mendidih baru masukkan sayur mayur anda. Tetapi apapun sayur mayur yang anda masak pastikan anda tambahkan bumbu masak NICI ke dalam masakan sayur anda agar menjadi lebih sedap. Itulah tips memasak yang sekiranya bisa anda praktekkan.
Diberdayakan oleh Blogger.