Teknologi Teknologi Umum Wisata
Tuesday, October 11, 2016

Larangan Pada Pola Asuh



Pernahkah Anda berfikir, kenapa anak yang masih kecil ia akan terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, ketika ia tumbuh besar ia seperti menjadi orang yang berbeda. Apakah yang mempengaruhinya? Hal tersebut dapat terjadi salah satunya akibat pola asuh anak yang dia terima di masa kecilnya. Pola asuh sangat berperan penting dalam pembentukan karakter seorang anak. Jika anak menerima pola asuh yang salah ketika ia kecil maka hal tersebut akan membentuk karakter yang kurang baik pula ketika ia tumbuh dewasa. Maka berhati – hati ah dalam menerapkan pola asuh pada anak kita.

Terkadang tanpa sadar kita melakukan beberapa hal yang kurang tepat saat menerapkan pola asuh anak dikeluarga, hal ini terkadang tidak kita sadari karena tidak berdampak langsung namun dampaknya kan kita rasakan kelak dikemudian hari ketika anak kita tumbuh menjadi orang dewasa. Berikut adalah hal – hal yang sebaiknya tidak kita lakukan saat mengasuh anak :

1. Jangan Menghina Anak

Anak adalah makluk yang memiliki rasa ingin tahu dan memiliki rasa ingin mencoba yang tinggi, namun kadangkala hasil yang diperoleh tidak sebaik yang ia inginkan. Jika terjadi hal tersebut maka janganlah menghina hasil karyanya karena dengan demikian anak akan menjadi rendah diri dan cenderung menyesali diri

2. Jangan Mengajarkan Permusuhan

Terkadang dalam hidup anak persaingan tidak dapat dihindari, ajarkanlah persaingan dengan cara yang sehat, ajarkan sikap sportif dan hindari permusuhan sehingga ia tidak akan belajar berkelahi

3. Jangan Mencela dan Berkata Kasar Pada Anak

Dalam masa perkembangannya sebisa mungkin kindari mencela dan berkata kasar pada anak, karena anak adalah mahluk yang memuliki daya ingat dan rekam yang sangat kuat. Ia akan meniru apa yang kita lakukan sehingga jika kita mencela dan berkata kasar kepadanya maka ia akan belajar memaki orang lain.

Begitu banyak hal – hal kurang baik yang tanpa kita sadari terkadang kita lakukan saat proses pola asuh anak saat ia masih kecil. Maka beri penjelasan danm inta maaf pada anak menjadi salah satu solusi untuk memperbaikinya.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.