Pengunjung Blog



Pentingnya Asam Folat untuk Kesehatan Ibu dan Janin

saat-saat mengetahui kehamilan merupakan suatu kebahagiaan yang tak ternilai bagi para wanita, apalagi jika kehadiran seorang anak sangat dinantikan oleh para orangtua tersebut. menjaga kesehatan dimasa-masa kehamilan mulai sejak mengatahuinya, hingga selesai melahirkan harus tetap di jaga oleh para wanita demi mendapatkan janin dan bayi yang tumbuh dengan sehat. Nutrisi, gizi serta vitamin yang lengkap melalui konsumsi makanan dan minuman seperti susu dan jus, merupakan faktor penting yang harus dipenuhi sebagai penunjang kesehatan ibu hamil. Menurut ahli medis kandungan kandungan asam folat sebanyak 600-800 mcg sangat dibutuhkan oleh Ibu hamil, selain itu asupan zat besi, protein, kalsium dan vitamin juga harus dapat dicukupi dengan baik setiap harinya.



Kenapa Ibu hamil membutuhkan asupan asam folat yang cukup ? karena zat tersebut bermanfaat bagi produksi sel darah merah dan membantu perkembangan otak, serta saraf tulang belakang pada janin. Untuk jumlahnya sendiri berbeda tergantung dari usia kehamilan, seperti pada saat anda baru merencanakan kehamilan kebutuhan asam folat yang diperlukan sebanyak 400mcg, sedangkan trimester pertama 400 mcg, trimester kedua 600mcg dan saat menyusui 500mcg. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti sereal gandum utuh, bayam, brokoli, jeruk, alpukat hingga kacang-kacangan. Selain itu meminum susu Ibu hamil yang mengandung asam folat juga akan membantu mencukupi kebutuhan zat tersebut. jadi atas dasar penjelasan tersebut ada baiknya kesehatan Ibu hamil tetap anda jaga dengan memberikan asupan makanan yang bervitamin serta bergizi termasuk melakukan pemenuhan asam folat melalui makanan yang dikonsumsi.

Tujuan dari memenuhi kebutuhan asupan nutrisi pada Ibu hamil dilakukan untuk membuat janin menjadi tumbuh dan berkembang dengan baik dan sesuai umur atau usia kandungan, selain itu Ibu juga akan merasakan dampak dari asupan makanan yang sehat tersebut dalam masa kehamilannya. Tidak mudah sakit, tidak mudah lelah, meningkatnya daya tahan tubuh dan manfaat lainnya akan didapatkan sebagai kesehatan Ibu hamil saat gizi, nutrisi, vitamin, kalsium termasuk zat asam folat yang sangat penting untuk dipenuhi serta tercukupi dengan baik.
Diberdayakan oleh Blogger.