Teknologi Teknologi Umum Wisata
Selasa, 02 Februari 2016

Tips Sederhana Cara Mengatur Keuangan Keluarga




Bagi setiap orang yang telah menikah tentunya wajib mengetahui cara mengatur keuangan yang baik untuk keluarganya sehingga berbagai kebutuhan pokok bulanannya dapat terpenuhi. Terutama jika penghasilan suami tidak terlalu besar. Ada banyak manfaat yang dapat anda rasakan jika dapat menerapkan kedisiplinan dalam mengatur keuangan agar mampu mencukupi berbagai macam kebutuhan dengan cara yang sederhana. Bagi anda yang saat ini tengah mengalami kebingungan dalam penerapan pola pengeluaran keuangan anda. Simak berikut pemaparan yang akan saya jelaskan agar mempermudah anda dalam mengatur finansial yang anda miliki agar mampu mencukupi berbagai macam kebutuhan keluarga anda setiap bulannya:

  1. Pertama lakukanlah pencatatan pengeluaran harian, mingguan dan bulanan anda. Beberapa pengeluaran tersebut seperti keperluan bayi harian (bagi yang memiliki bayi), berbagai kebutuhan dapur, berbagai macam tagihan bulanan seperti listrik, internet dan berbagai cicilan. Setelah melakukan pencatatan berbagai macam pengeluaran yang biasanya anda keluarkan setiap bulannya. Lalu anda jumlahkan berapa pengeluaran tersebut dan alokasikan dana penghasilan bulanan anda untuk pembayaran dan pembelian berbagai macam kebutuhan tersebut. Kemudian hitunglah berapa sisa uang yang anda miliki setelah anda pisahkan dengan kebutuhan pokok bulanan anda.
  2. Cara mengatur keuangan keluarga selanjutnya adalah mengalokasikan sebagian dana sisa yang anda miliki untuk menabung. Tabungan tersebut nantinya dapat anda gunakan untuk berbagai macam keperluan dari mulai untuk keperluan biaya pendidikan anda, biaya tak terduga dan berbagai pengeluaran lainnya yang suatu waktu bias saja anda butuhkan. Selain itu, dengan menabung anda pun akan lebih mudah dalam melakukan perencanaan financial yang lebih baik untuk masa depan keluarga anda.
  3. Usahakanlah untuk belanja kebutuhan yang pokok saja atau barang yang benar-benar tengah anda butuhkan. Jangan sampai anda membeli sebuah barang yang tidak anda perlukan guna menghindari pemborosan yang tentunya hanya akan merugikan anda dan keluarga. Selain itu, anda pun dapat menyisihkan uang untuk berlibur bersama keluarga dari sisa uang yang telah dipotong oleh kebutuhan bulanan yang anda miliki. Dan setelah biaya liburan terkumpul, anda pun dapat langsung merealisasikannya.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.