Teknologi Teknologi Umum Wisata
Selasa, 02 Februari 2016

Konsultasi Keuangan Keluarga Seputar Tips Mengatur Keuangan Sederhana

Sebuah keluarga tentunya tak akan lepas dari keuangan. Wajar saja karena uang sudah menjadi sektor penting dalam sebuah kehidupan. Setiap keluarga tentunya membutuhkan perencanaan keuangan dengan baik dan sistematis. Sehingga kehidupan mereka bisa berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Terpenting adalah keluarga tersebut tak terlilit hutan piutang. Untuk bisa menciptakan kondisi keuangan yang demikian tentu dibutuhkan ahli konsultasi keuangan keluarga dan mendiskusikannya. Akan tetapi Anda tak perlu mendatangkannya ke rumah untuk saat ini karena pada ulasan berikut ini akan dibahas mengenai cara sederhana mengatur keuangan keluarga yang dikutip dari beberapa konsultan keuangan.

Beberapa cara untuk mengatur keuangan keluarga agar tetap lancar adalah sebagai berikut:

  • Selalu catat pengeluaran bulanan dalam keluarga Anda. mulai dari tagihan listrik, tagihan air, biaya pendidikan dan sebagainya. Jika perlu Anda bisa merata-rata agar mengetahui jumlahnya lebih pasti.
  • Buatlah rencana keuangan keluarga Anda. Rencana yang ditulis bisa bermacam-macam. Mulai dengan rencana rekreasi ataupun rencana berbelanja. Ini dimaksudkan untuk memilahnya dalam skala prioritas.
  • Jika semua sudah tercatat dengan lengkap, segera pisahkan antara kebutuhan dengan keinginan. Usahakan untuk mendahulukan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan.
  • Jangan menjadi seseorang yang konsumtif dengan membeli keperluan yang sebenarnya kurang dibutuhkan.
  • Sebisa mungkin hindari hutang piutang dengan pihak manapun.
Menurut ahli konsultasi seputar keuangan keluarga, Anda juga disarankan untuk memiliki tabungan khusus. Tabungan ini sebaiknya hanya Anda gunakan untuk keperluan mendesak. Misalnya keperluan kesehatan dan pendidikan. Langkah ini bisa meminimalkan Anda untuk terjebak dalam hutang piutang. Atau jika tak memiliki tabungan, Anda juga bisa berlangganan asuransi sesuai dengan kebutuhan. Namun pastikan preminya terjangkau.

Selain hal yang telah disebutkan diatas, untuk mengatur keuangan keluarga agar tetap lancar sebaiknya hindari dahulu penggunaan kartu kredit. Lebih baik gunakan kartu kredit apabila sudah dibutuhkan atau jika penghasilan Anda sudah mencukupi saja. Demikianlah sekilas tips mengenai cara mengatur keuangan keluarga yang sederhana dari beberapa ahli konsultasi keuangan keluarga. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi untuk Anda.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.