Pengunjung Blog



Biasakan anak untuk mencuci tangan


Menciptakan perilaku yang sehat memang memerlukan waktu yang cukup lama. Apalagi menerapkannya kepada anak sejak dini. Dengan menerapkan cara cuci tangan sejak dini kepada anak maka dapat mencegah penyakit diare dan ISPA yaitu penyakit infeksi saluran pernafasan akut. Ada waktu dimana kita wajib untuk mencuci tangan seperti sebelum memasak, sebelum makan, setelah dari kamar mandi atau toilet, setelah buang air, dan sebelum memegang bayi.

Banyak anak yang tidak suka mencuci tangan. Mereka beranggapan mencuci tangan adalah suatu hal yang merepotkan. Biasanya mereka mencuci tangan ketika sedang bersama orang tuanya saja. Perlu diketahui jika cuci tangan merupakan benteng yang paling utama untuk anak – anakdari berbagai macam penyakit akibat dari bakteri dan kuman. Perlunya membiasakan pada anak sejak dini untuk mencuci tangan agar anak terbiasa melakukannya ketika berada diluar pengawasan orang tua.

Cara cuci tangan yang benar sangat efektif untuk mengajarkan kebiasaan mencuci tangan sejak dini. Anak – anak wajib diajak untuk mencuci tangan sebelum makan dan setelah melakukan kegiatan diluar rumah. Umumnya anak – anak kurang suka dalam melakukan aktivitas mencuci tangan yang memakan waktu cukup lama tersebut. seringkali anak – anak hanya mencuci tangan dengan air lalu mulai makan tanpa mengeringkan terlebih dahulu. Ajarkan kepada anak untuk mencuci tangan dengan langkah berikut.
  • Nyalakan kran air, basahi kedua tangan.
  • Ambil sabun untuk mencuci tangan. Disarankan untuk menggunakan lifebuoy sabun anti bakteri dalam mencuci tangan. Lifebuoy sabun anti bakteri ini bekerja dengan sangat baik dalam menghilangkan kuman serta bakteri.
  • Bersihkan bagian telapak tangan, punggung tangan, jari – jari, sela – sela jari, ujung jari dan pergelangan tangan.
·         Setelah semuanya telah dibersihkan, bilas tangan hingga bersih dari busa sabun.
·         Keringkan tangan menggunakan kain lap, handuk dan tisu.

Banyak sekali manfaat yang didapat dalam melakukan hal – hal kecil dalam kehidupan sehari – hari contohnya mencuci tangan. Dengan mencuci tangan anak dan keluarga akan terhindar dari berbagai macam penyakit.
Diberdayakan oleh Blogger.