Pengunjung Blog



Tepatkah Menggunakan Server Hosting Indonesia untuk Online Shop?



Membuka toko online memang bukan hal yang baru di era informatika. Dengan kemajuan zaman dan teknologi yang semakin lama akan semakin berkembang, membuat bisnis yang berjalan dengan menggunakan media internet tidak kalah jika dibandingkan dengan bisnis offline yang langsung berhadapan dengan pelanggan. Untuk membangun online shop, tidak hanya memerlukan barang yang akan dijual dan alamat atau domain, namun juga hosting yang berguna untuk menyimpan data. Dalam membangun online shop, tidak sedikit yang bingung untuk memilih web hosting Indonesia ataupun luar negeri.

Sebelum memilih web hosting di Indonesia ataupun web hosting dari luar negeri, Anda harus dapat menentukan target pasar terlebih dahulu. Pemilihan web hosting yang tepat akan mampu menghemat jumlah bandwidth yang dimiliki. Jika target pasar Anda adalah pengguna internet dari Indonesia, Anda dapat menggunakan server hosting yang berada di Indonesia. Hal tersebut akan membantu performa online shop Anda karena kecepatan akses yang tinggi.

Pertimbangan kedua adalah jenis produk yang hendak Anda jual. Jika Anda hanya menjual satu jenis produk saja, Anda dapat memilih hosting dengan space yang tidak terlalu besar dan nantinya dapat Anda upgrade ke hosting dengan space yang lebih besar. Namun, jika Anda menjual lebih dari 5 jenis barang, Anda harus memilih hosting dengan jumlah space yang besar sehingga mampu untuk menampung data atau file dari produk yang Anda jual.

Pertimbangan ketiga sebelum memilih web hosting Indonesia atau web hosting luar adalah mengenai jumlah pengunjung dari toko online Anda. Jumlah dari pengunjung akan menentukan jumlah bandwidth dari hosting yang hendak Anda pilih. Semakin besar traffic pengunjung toko online Anda, maka bandwidth yang diperlukan semakin besar. Jika toko online Anda memang dibangun untuk sebuah bisnis yang mapan, sebaiknya menggunakan server hosting jenis VPS bukan shared hosting sehingga akan memberikan keleluasaan yang lebih walaupun harganya lebih mahal. Tepat atau tidaknya penggunaan server hosting Indonesia, tergantung pada space dan bandwidth yang ditawarkan. Jika sesuai dengan kebutuhan, tidak ada salahnya menggunakan server Indonesia, namun jika tidak, dapat menggunakan server luar negeri.

Diberdayakan oleh Blogger.