Teknologi Teknologi Umum Wisata
Selasa, 01 Desember 2015

Pantangan Darah Tinggi yang Harus Dihindari

 Penderita penyakit darah tinggi  terus meningkat dari tahun ke tahun.  Hipertensi merupakanbahaya laten yang banyak tidak disadari.  Hipertensi adalah pemicu terjadinya penyakit lain yang lebih mengancam nyawa yaitu stroke, serangan jantung dan rusaknya pembuluh darah. Sayangnya, penderita darah tinggi tidak menyadari kalau dirinya terkena penyakit tersebut sampai yang bersangkutan melakukan pemeriksaan tekanan darah. Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi jika tensi menunjukkan angka lebih besar dari 120/90 mmHg. Jika seseorang terserang tekanan darah tinggi maka sedikit sulit untuk menormalkan kembali tekanan darah seperti sedia kala. Sehingga gangguan sedikit saja bisa menaikkan tekanan darah secara drastis.

Untuk itu, penderita tekanan darah tinggi harus tetap menjaga aktivitas dan pola makannya agar tekanan darah tetap normal dan terjaga. Pantangan darah tinggi harus benar-benar dihindari jika tidak ingin tensi menunjukkan angka yang terbilang tinggi. Tekanan darah yang naik secara tiba-tiba seringkali menyebabkan serangan stroke yang berujung pada kematian.

Berikut adalah aktivitas yang menjadi pantangan darah tinggi yang sebaiknya dihindari : 

Olahraga Angkat Berat

Olahraga memang salah satu aktivitas yang dapat menunjang kesehatan seseorang tetapi untuk penderita darah tinggi sebaiknya tidak memilih olahraga angkat berat. Olahraga yang satu ini sangat dilarang karena bisa meningkatkan tekanan darah dalam waktu yang sangat cepat. Ini membahayakan penderita darah tinggi. Kalaupun penderita hipertensi ingin melakukan olahraga jenis ini sebaiknya dilakukan dalam skala ringan dan tidak terlalu dipaksakan.

Terjun payung

Melihat pemandangan dari ketinggian memang menyenangkan. Tetapi  tidak dengan terjun payung yang dilakukan oleh penderita hipertensi. Resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi sangat besar  ketika melakukan olahraga yang satu ini. Karena itu, penderita tekanan darah tinggi sangat dilarang melakukan terjun payung. Selain itu, olahraga tersebut dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung secara tiba-tiba.

Menyelam

Tidak ada yang memungkiri kalau menyelam adalah kegiatan terbaik menikmati pemandangan bawah laut. Namun penderita hipertensi jangan seklai-sekali mencoba melakukannya. Karena menyelam sangat membahayakan jiwa penderita. Serangan jantung tiba-tiba dapat menyebabkan hilangnya nyawa penderita tekanan darah tinggi. 

Selain menghindari aktivitas-aktivitas tersebut di atas, penderita seharusnya menghindari makanan yang mengandung kolesterol dan kalori tinggi. Sebaiknya, konsumsi makanan rendah kalori seperti produk Tropicana.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.