Pengunjung Blog



Makanan Sehat Untuk Anak-Anak


Makanan sehat ialah makanan yang mengandung kaya akan serat dan gizi yang seimbang dengan berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh, secara umum makanan tersebut adalah makanan yang mengandung karbohidrat,  protein, mineral, lemak tak jenuh dan vitamin. Makanan ini lebih dikenal oleh masyarakat luas yaitu dengan makanan empat sehat lima sempurna. Di zaman sekarang ini orang tua pada khususnya cenderung dengan makanan yang serba instan untuk anak-anaknya tanpa menghiraukan terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, makanan bagi anak-anak haruslah diperhatikan dari berbagai kandung gizi yang lengkap demi kesehatan dan perkembangan anak yang lebih  baik. tetapi mengkonsumsi makanan tersebut harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Karena jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan tersebut dapat mengakibatkan atau menderita obesitas.

Makanan sehat yang cocok untuk anak, haruslah sesuai dengan angka kebutuhan pada setiap tahapan anak, seperti anak usia 1-3 tahun membutuhkan kalori  1,230 untuk anak laki-laki, untuk anak perempuan 1,165 per-hari, dan anak usia 4-6 tahun membutuhkan kalori per-harinya 1,715 untuk anak laki-laki sedangkan untuk anak perempuan 1,545. Ini akan menjadi acuan untuk kita sebagai orang tua yang baik dalam memilihkan makanan tersebut. makanan yang cocok untuk anak-anak tidak hanya dengan buah-buahan saja melainkan banyak pilihan untuk hal tersebut, seperti memberikan ubi jalar, selain harganya murah, ubi jalar ini bagus untuk kesehatan anak karena mengandung kaya akan betakaroten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan ubi jalar juga sebagai salah satu sayuran yang sangat bergizi. 

Selanjutnya agar anak memiliki kekebalan tubuh yang baik, sebaiknya kita memberikan mangga, buah ini bagus sekali untuk daya tahan tubuh anak karena sebagai sumber  vitamin C yang baik. selain itu juga kita bisa memberikan pilihan lain seperti tahu, makanan yang mengandung omega 3, makanan tersebut berguna untuk daya konsentarsi dan energi  yang prima untuk energi tubuh anak kita. Selain beberapa hal diatas kita juga bisa mengkombinasikan  aneka makanan yang mengandung gizi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan anak kita.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.