Pengunjung Blog



Cara Mengelola Keuangan Keluarga demi Masa Depan

Zaman yang kian modern menuntut keinginan yang terus bertambah karena rasa ingin tahu dan tidak pernah puas di dalam diri setiap orang. Khususnya kebutuhan sebuah keluarga, masalah keuangan merupakan masalah yang penting di bicarakan bersama. Cara menglola keuangan keluarga yang salah akan menimbulkan keributan-keributan serta konflik yang sulit di selesaikan. Maka Anda harus pintar bagaimana cara mengelola keuangan keluarga Anda, apalagi bagi Anda yang belum memilki penghasilan tetap setiap bulannya. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Perkirakan rata-rata penghasilan Anda setiap bulannya. Cara ini bertujuan untuk melihat seberapa banyak uang yang akan Anda kelola setiap bulannya agar mencukupi kebutuhan keluarga Anda sehari-hari. Dengan demikian Anda dapat memperkirakan barang apa saja yang dapat Anda beli tanpa membuang uang sia-sia. Hindari menghamburkan uang diawal bulan saja jika tidak ingin diakhir bulan Anda kehabisan uang atau memperoleh utang demi mencukupi kebutuhan.

Tulis barang yang Anda butukan. Sebelum membeli barang-barang, Anda harus menulis nya terlebih dahulu dan dikonsultasikan bersama. Dahulukan kebutuhan yang lebih penting diatas kebutuhan yang lain. Misalnya mengatur uang belanja makan setiap hari, uang kredit mobil atau motor, bensin, uang asuransi, baru sisanya untuk membeli barang lain yang menurut Anda penting. 

Sisihkan uang untuk biaya pribadi dan biaya tidak terduga. Kebutuhan seorang suami maupun istri tentu berbeda, pikirkan pula untuk itu. Misalkan kebutuhan pulsa, pergi kesalon untuk istri, atau uang rokok untuk suami. Disamping itu sisihkan uang untuk biaya tak terduga, hal ini sangat penting untuk menghadapi masalah yang tidak Anda inginkan. Misalkan untuk biaya berobat jika tiba-tiba sakit, atau biaya membenarkan motor jika rusak, dan lain sebagainya.

Membuat tabungan bersama. Jika didalam keluarga Anda kebetulan suami dan istri sama-sama bekerja, maka buatlah tabungan bersama khusus untuk masa depan. Uang tabungan dapat Anda manfaatkan dengan tujuan persiapan untuk anak, membeli mobil baru, rumah baru, atau untuk berlibur ketempat yang Anda berdua inginkan. Sebelum menabung Anda dapat menentukan tujuannya terlebih dahulu.

Demikian cara mengelola keuangan keluarga demi masa depan keluarga anda, hanya itu yang dapat saya bagikan. Anda harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan agar keluarga Anda selalu bahagia di masa depan. Jika Anda membutuhkan informasi lain yang berkaitan dengan keuangan keluarga Anda dapat bergabung dengan Futuready, disana Anda akan difasilitasi kebebasan bertanya dan berkonsultasi masalah keuangan Anda dengan para ahli yang mengerti pada bidangnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.