Teknologi Teknologi Umum Wisata
Rabu, 23 September 2015

Efek samping kekurangan protein dalam tubuh

Makanan tinggi protein sangatlah dibutuhkan oleh tubuh kita untuk proses pembentukan jaringan otot, mengatur hormon – hormon didalam organ pencernaan, mengatur ph asam dan basa dalam tubuh, sebagai cadangan makanan dan energi dalam tubuh kita. Apabila tubuh kita kekurangan protein maka tubuh kita akan mengalami penurunan daya tahan tubuh, dan jika kandungan protein dalam tubuh tidak seimbang akan menimbulkan beberapa efek samping.

Beberapa efek samping jika kandungan protein tidak seimbang yaitu, mental terganggu, penyusutan otot, kerusakan pada organ tubuh, dan lemahnya sistem kekebalan tubuh. Mental terganggu banyak terjadi pada anak – anak dan balita, dikarenakan syaraf yang terbentuk didalam tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal. Sedangkan penyusutan otot akan mudah terjadi apabila otot kekurangan protein, karena syaraf pada otot tak dapat berkembang. Kerusakan pada organ tubuh, diakibatkan tidak bekerjanya syaraf. Dan lemahnya system kekebalan tubuh, diakibatkan tubuh tidak bisa memproduksi zat antibody yang menagakibatkan kekebalan tubuh menjadi menurun.
Untuk menghindari efek samping akibat kekurangan protein diperlukan asupan makanan tinggi protein ke dalam tubuh kita. Sumber protein bisa kita dapatkan dari beberapa makanan yang mengandung protein yang berasal dari protein hewani dan yang berasal dari protein nabati. Protein hewani yaitu protein yang dihasilkan oleh hewan seperti daging, ikan, telur, kepiting, belalang, udang. Sedangkan protein nabati yaitu protein yang dihasilkan oleh tumbuhan sepeti, kacang, jamur, brokoli, kecambah, buah apel, manggis, jagung manis, asparagus, buncis, buah alpukat. Alangkah baiknya apabila kita banyak mengkonsumsi protein nabati dibandingkan dengan protein hewani, protein hewani cenderung lebih meningkatkan berat tubuh, sebagian besar protein hewani mengandung banyak kolesterol atau lemak jahat yang tentunya tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan, sedangkan protein nabati lebih bisa memperpanjang umur bila di konsumsi secara teratur.
Kekurangan protein bisa mengakibatkan beberapa masalah mulai dari masalah ringan rambut yaitu kerontokan, hingga masalah besar yang dapat mengakibatkan kematian pada anak kecil. Untuk itu asupan protein dalam tubuh harus cukup tapi jangan sampai berlebihan karena akan menimbulkan masalah seperti obesitas dan perubahan genetika. Kita harus lebih selektif dalam memilih makanan tinggi protein yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh kita.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.