Pengunjung Blog



Menjaga Kualitas Makanan dengan Merawat Kebersihan Alat Makan

Kualitas makanan yang dikonsumi oleh anggota rumah tangga tidak hanya tergantung dari kebersihan dan kandungan gizi makanan, tapi juga kebersihan peralatan makan seperti piring, sendok dan garpu. Sebab dapur adalah dipercaya sebagai ruangan rumah yang paling banyak terkontaminasi oleh kuman dan bakteri sehingga jika peralatan tersebut tidak dibersihkan secara seksama dengan alat-alat kebersihan, akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, perawatan kebersihannya harus dilakukan secara teratur agar kotoran tidak membandel di permukaan piring ataupun peralatan makan yang lain. Selain itu, dengan membersihkan dengan rutin juga mengurangi resiko timbulnya kuman yang akan berbahaya bila mengontaminasi makanan yang kita konsumsi. Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan agar kualitas makanan tetap terjaga dengan baik.


1. Segera cuci piring dan peralatan makan setelah selesai digunakan. Hal ini untuk mencegah kotoran menempel terlalu lama di permukaan piring dan justru akan semakin sulit untuk dihilangkan. Kotoran yang menempel apabila bersentuhan dengan makanan maka dapat berbahaya bagi kesehatan.

2. Perhatikan alat-alat kebersihan yang digunakan. Terutama untuk spons cuci piring yang setelah digunakan sebaiknya segera dibersihkan agar tidak ada kotoran yang menempel. Selain itu, simpanlah pada kondisi yang kering agar kuman tidak mudah berkembangbiak.

3. Lebih utama jika menggunakan air hangat saat membersihkan piring dan peralatan lain agar minyak, kotoran dan kuman yang menempel lebih cepat larut dan permukaan peralatan makan lebih bersih. Dengan begitu makanan tidak akan terkontaminasi dengan kuman ataupun kotoran dan kualitas makanan yang kita konsumsi pun menjadi meningkat. Akan tetapi untuk sisa tepung atau susu, akan lebih cepat tersapu apabila menggunakan air dingin.Pastikan tidak ada lagi sisa makanan yang menempel.

4. Gunakan sabun cuci piring anti bakteri saat membersihkan peralatan makan ataupun alat-alat kebersihan. Salah satunya yang sangat direkomendasikan adalah Sunlight Anti Bakteri karena mampu membunuh kuman dan mencegah kuman kembali 100 kali lipat lebih kuat dibandingkan sabun cuci yang lain. Selain itu Sunlight tidak meninggalkan residu pada peralatan makan yang mungkin dapat berbahaya jika tercampur dengan makanan dan masuk ke dalam tubuh kita.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.