Teknologi Teknologi Umum Wisata
Selasa, 10 Maret 2015

Tips Merawat Alat-alat Kebersihan Dapur

Fungsi alat-alat kebersihan dapur tentu saja untuk menjaga kebersihan dan higienitas peralatan memasak dan makan sehari-hari milik Anda. Oleh karena itu harus menjadi prioritas utama dalam perawatan sehari-hari secara berkala karena menentukan kebersihan peralatan lainnya. Berikut kami berikan tipis-tips agar alat kebersihan tersebut senantiasa higienis dan terhindar dari kuman.

1. Simpanlah lap dapur atau lap meja makan di tempat yang kering, bersih dan tertutup. Fungsinya agar resiko terkena kontaminasi dari udara luar menjadi minimal. Selain itu, kondisi yang kering juga mengurangi kemungkinan perkembangbiakan kuman dibandingkan dengan lingkungan yang lembab. Agar rapi, simpan lap tersebut dalam kondisi terlipat dan letakkan di lemari khusus.
2. Jika lap dapur sudah kotor, sebaiknya dicuci dengan pemutih atau pembersih agar warnanya kembali seperti semula dan tidak lagi mengeluarkan bau tak sedap. Jika Anda tidak menyukai penggunaan pembersih atau pemutih, cuka dapur juga dapat bermanfaat menghilangkan bau dan membersihkan alat-alat kebersihan dari kotoran. Caranya tuangkan beberapa tetes cuka pada air rendaman lap, diamkan sebentar kemudian cuci hingga bersih.
3. Selain pembersih atau cuka, Anda juga bisa mencuci lap dapur atau spons cuci piring dengan menggunakan Sunlight Anti Bakteri yang terbukti 100 kali lipat lebih ampuh mematikan kuman dan mencegah kuman tumbuh dibandingkan sabun cuci biasa. Pastikan agar lap atau spons selalu dicuci secara teratur dengan jarak waktu yang tidak terlalu lama agar kotoran tidak menumpuk.
Untuk lap dapur, sebaiknya diganti setiap minggu agar kondisinya lebih mudah dibersihkan dan tidak ada kotoran membandel yang terus menempel di permukaannya. Sedangkan untuk spons selalu dibersihkan setiap kali habis digunakan terutama setelah mencuci peralatan memasak yang berlemak dan berminyak.
4. Hal terpenting setelah mencuci alat keperluan dapur Anda, pastikan sudah kering sempurna sebelum kembali di simpan di dalam laci. Peras dengan kuat kemudian jemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Walaupun laci penyimpanan kering tapi permukaan lap masih lembab, maka juga akan meningkatkan resiko kuman kembali datang dan mengkontaminasi pembersih Anda.


  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.