Teknologi Teknologi Umum Wisata
Selasa, 03 Februari 2015

Pengertian dan Penyebab Osteoartritis





Osteoartritis (meetdoctor.com) merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada bagian sendi tulang manusia akibat dari inflamasi ringan yang disebabkan gesekan pada ujung-ujung tulang yang menyusun sendi. Jika seseorang menderita osteoartritis, maka dapat dipastikan akan terasa nyeri pada bagian sendi tulang.

Osteoartritis diklasifikasikan menjadi dua, yaitu osteoartritis primer dan osteoartritis sekunder. Pada umumnya, Osteoartritis primer atau lebih dikenal dengan sebutan artritis degeneratif terjadi tanpa sebab yang jelas, osteoartiritis primer juga biasanya dialami atau terjadi pada orang tua. Sedangkan osteoartritis sekunder dapat terjadi karena faktor tertentu seperti tulang patah (patahannya sampai ke bagian sendi) dengan pembaikan yang tidak tepat. Dalam kasus ini, osteoartritis dapat terjadi lebih cepat meski dalam usia yang masih muda sekalipun.

Semua orang pasti pernah merasakan nyeri pada bagian tulang, terutama sendi. Asumsi masyarakat, bahkan dokter sekalipun (yang keliru) dengan yakinnya memiliki kesimpulan bahwa hal tersebut disebabkan oleh asam urat atau reumatik. Akan tetapi, pada dasarnya 60% - 70% osteoartritis adalah penyebab utama dari rasa nyeri pada bagian sendi, terutama pada orang yang sudah menginjak usia 45 tahun.

Selain itu, penyakit ini juga bisa menyerang pada semua tulang rawan di seluruh tubuh manusia. Tidak terkecuali tulang belakang (bukan skoliosis atau kelengkungan tulang belakang), tungkai panggul, lutut, hingga ke pergelangan kaki. Untuk menghindari terjadi osteoartritis, salah satu tips sebaiknya penuhilah berat badan yang cukup ideal. Pasalnya, tungkai berperan penting dalam menahan berat badan tubuh. 

Penyebab dari penyakit pada sendi ini memang beragam, dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa raksi seperti infeksi, alergi, dan invasi fungi, memiliki suatu hubungan. Sementara itu, riset lainnya menemukan bahwa faktor keturunan atau faktor genetik juga dapat berpengaruh. Akan tetapi, beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena osteoartritis diantaranya yaitu :
  1. Wanita yang sudah menginjak 45 tahun
  2. Pernah mengalami cedera atau patah tulang di daerah sekitar sendi dengan perawatan yang kurang baik, atau bahkan tidak mendapatkan perawatan.
  3. Berat badan berlebihan.
  4. Menderita kelemahan pada otot-otot paha.
  5. Aktivitas yang menggunakan fisik dengan berlebihan, misalnya olahragawan atau pekerja kasar.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment
Copyright © 2012 Ibu Kreatif All Right Reserved. Share on Blogger Template Free Download.