Pengunjung Blog



Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar dengan Mobil Xpander



Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mengharuskan sebagian besar orang memutar otak agar pengeluarannya tidak membengkak. Cara terbaik untuk menghemat pengeluaran adalah memastikan konsumsi bahan bakar minyak efisien. Xpander memang termasuk mobil yang irit, apalagi jika memilih tipe CVT (Continuously Variable Transmission), maka akan lebih hemat lagi. Namun selain spesifikasi mobil, kebiasaan berkendara juga sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Berikut ini adalah tips berkendara agar lebih hemat bahan bakar:

Menjaga Putaran Mesin

Tips pertama yang bisa Anda terapkan yaitu menjaga putaran mesin. Torsi mobil yang paling efisien berada di angka 2.000 sampai dengan 3.000 rpm. Anda bisa melakukan perpindahan gigi di rentang tersebut. Putaran mesin yang terlalu tinggi membuat mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Sedangkan putaran terlalu rendah membutuhkan injakan pedal agar kecepatan bertambah, otomatis bahan bakar yang dibutuhkan juga lebih besar.

Jangan Melakukan Akselerasi atau Pengereman Mendadak

Ketika Anda melakukan akselerasi secara mendadak, maka ECU (Electronic Control Unit) akan memberikan perintah agar suplai bensin maksimal. Begitu pula saat pengereman mendadak, mobil membutuhkan suplai bensin lebih karena harus menekan gas lebih dalam. 

Gunakan BBM Sesuai dengan Oktan yang Disarankan

Beberapa orang menghemat pengeluaran bahan bakar minyak dengan memilih BBM kualitas rendah. Padahal hal tersebut bukan solusi untuk masalah Anda. Konsumsi BBM bisa lebih banyak ketika Anda menggunakan BBM dengan oktan rendah. Pastikan menggunakan BBM dengan oktan sesuai rekomendasi pabrik. Tidak hanya hemat bahan bakar, hal tersebut juga menjaga performa mesin agar tetap baik.



Jaga Tekanan Ban

Selain pemilihan BBM yang harus sesuai dengan rekomendasi, siapa sangka Anda juga harus memperhatikan tekanan ban jika ingin hemat bahan bakar. Pabrikan Mitsubishi Indonesia memberikan rekomendasi mengenai tekanan ban ini. Anda harus menyesuaikan tekanan ban agar tidak terlalu keras ataupun kempes. Jika ban kempes, maka bahan bakar yang dibutuhkan lebih banyak agar bisa bergerak. Sedangkan tekanan yang berlebihan membuat pengendalian mobil lebih sulit.

Gunakan AC Secukupnya

AC atau Air Conditioner merupakan salah satu fitur yang ada di dalam mobil keluaran terbaru maupun generasi lama. Penggunaan fitur ini ternyata memberikan beban pada mesin untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar. Bijaklah dalam menggunakan AC, cukup berada di suhu 24-27 derajat celcius. Selain itu, usahakan tidak menyalakan fitur otomatis untuk AC-nya.

Jaga Muatan Mobil

Tips selanjutnya yaitu menjaga muatan penumpang maupun barang, jangan sampai berlebihan. Pasalnya semakin banyak barang atau penumpang, maka bobot mobil akan bertambah. Akhirnya mesin mobil bekerja lebih keras sehingga membutuhkan suplai bahan bakar lebih banyak. 

Lakukan Perawatan Secara Berkala

Tips terakhir yang paling penting yaitu melakukan perawatan pada mobil secara berkala. Perawatan membantu membuat ko ndisi mobil terjaga. Jadi kinerja mesin maupun komponen pendukung lain lebih efisien. Pastikan melakukan perawatan di bengkel resmi Mitsubishi agar mendapatkan spare part ori.

Itulah tips berkendara hemat bahan bakar dengan mobil Xpander yang bisa Anda lakukan. Mobil berjenis MPV satu ini dikenal sebagai best seller dari Mitsubishi. Jadi Anda tidak akan kecewa jika meminangnya. Beli mobil di dealer ternama dan terpercaya seperti Lautan Berlian.

Lautan Berlian menawarkan empat tipe lengkap mulai dari GLX, Exceed, Sport, sampai Ultimate. Semuanya memiliki kelebihan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Sebelum membeli mobil, jangan lupa melakukan test drive. Jadi Anda bisa mencoba performa dan fitur mobil sebelum membelinya. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai dealer ini melalui website www.lautanberlianku.co.id

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.