Pengunjung Blog



Tips Merawat Sepeda Motor Bertenaga Listrik yang Tepat

sepeda motor


Motor listrik yaitu motor yang bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi energi mekanik sehingga dapat berjalan. Di era teknologi ini, sudah cukup banyak brand-brand lokal maupun luar negeri yang merilis motor bertenaga listrik ini. Sepeda motor bertenaga listrik memang memiliki banyak keunggulan seperti lebih hemat, perawatan mudah, dan yang terpenting ramah lingkungan karena tidak menimbulkan emisi.

Sama halnya dengan motor konvensional, motor bertenaga listrik juga membutuhkan perawatan. Namun pada dasarnya perawatan motor listrik juga cukup mudah dan murah. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk membelinya. Berikut ini adalah tips merawat motor bertenaga listrik yang perlu Anda pahami:

Jangan Mencuci Motor Menggunakan Air Bertekanan

Cara mencuci motor listrik ternyata cukup berpengaruh terhadap ketahanannya. Anda harus lebih berhati-hati mencuci motor listrik dibandingkan motor konvensional. Hindari mencuci menggunakan air bertekanan tinggi seperti semprotan. Pasalnya hal tersebut berisiko merusak komponen kelistrikan. Agar lebih aman, gunakan kain kanebo untuk melap motor. 

Jangan Menerobos Banjir Saat Menggunakan Motor Listrik

Beberapa motor listrik memang sudah dilengkapi dengan teknologi kekinian untuk menahan air. Namun Anda tetap harus berhati-hati menggunakan motor, terutama ketika banjir. Pastikan Anda tidak menerobos banjir saat menggunakan motor listrik. Selain itu, usahakan untuk menghindari genangan air yang memiliki tinggi di atas soket pengisian daya. 

Cabut Baterai Motor Apabila Tidak Dipakai

Kendaraan yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama memang berpotensi untuk cepat rusak. Namun ada trik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga motor listrik dari kerusakan karena tidak dipakai lama. Cabut atau lepas baterai saat akan Anda tinggal pergi lama. Namun sebelum mencabutnya, pastikan dayanya sudah penuh terlebih dahulu. Mencabut baterai menghindari self discharger pada motor listrik yang mengakibatkan baterai habis.

Selalu Cek Sistem Pengereman

Tips selanjutnya tidak kalah penting dari tips-tips sebelumnya yaitu selalu mengecek sistem pengereman. Pengereman merupakan komponen yang sangat penting, bukan hanya untuk motor listrik saja, namun untuk motor konvensional juga. Lakukan pengecekan pada sistem pengereman paling tidak 2-3 bulan sekali. Segera ganti sistem pengereman apabila kondisinya menurun.

Ganti Van Belt Secara Berkala

Van belt merupakan transmisi penghubung berbahan karet yang berguna mengalirkan tenaga dari satu poros ke bagian poros lainnya. Adanya van belt membuat motor listrik bisa melaju dan berjalan. Jika motor listrik milik Anda memiliki sistem van belt, maka ganti secara berkala. Paling tidak selalu ganti saat mencapai jarak tempuh 3000 km. 

Rutin Service Motor ke Bengkel

Ada perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri namun ada juga perawatan yang hanya bisa dilakukan oleh ahli. Berbeda dengan motor konvensional, Anda memang tidak perlu ganti oli jika memiliki motor listrik. Namun Anda tetap harus rutin membawa ke bengkel untuk mengecek kondisi motor secara keseluruhan.

Rekomendasi Motor Listrik Terbaik untuk Anda

Tertarik memiliki motor bertenaga listrik? Alva menawarkan motor listrik pertamanya untuk Anda yaitu Alva One. Motor satu ini memiliki desain layaknya motor konvensional yang gagah. Bukan hanya desainnya saja, performanya juga sama baiknya dengan motor konvensional. Hanya dalam sekali charger, motor mampu mencapai jarak hingga 70 km.

Terdapat tiga mode berkendara yang bisa diaktifkan yaitu eco mode, cruise mode, dan e-sport mode dengan masing-masing kecepatan maksimum 43, 70, dan 90 km per jam. Saat ini, pemesanan motor hanya bisa dilakukan secara pre order. Anda bisa melakukan pemesanan melalui website Alva Auto yaitu www.alvaauto.com. Di website tersebut juga ada spesifikasi lengkap mengenai sepeda motor bertenaga listrik satu ini.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.