Pengunjung Blog



Kenali Lebih Lanjut Tentang Integrated Marketing Communication

Saat ini, banyak strategi pemasaran yang banyak menarik perhatian semua orang. Integrated Marketing Communication (IMC) menjadi salah satu metode yang sering serta paling banyak dimanfaatkan oleh para marketer profesional. Strategi pemasaran ini sangat sukses dinilai sebagai salah satu cara yang paling cepat untuk meningkatkan minat para konsumen. IMC juga dapat dilakukan secara online maupun offline sesuai kebutuhan perusahaan, sehingga sifatnya sangat fleksibel.

Apa Itu Integrated Marketing Communication (IMC)?

IMC dikenal sebagai komunikasi pemasaran yang terpadu. IMC merupakan pendekatan untuk memastikan komunikasi brand yang selaras untuk konsumen di seluruh marketing channel Anda. Prinsip utama dari metode ini yaitu untuk menciptakan pengalaman yang baik bagi pelanggan dalam berbagai aspek marketing. IMC juga selalu berusaha untuk memaksimalkan proses komunikasi dengan pesan yang positif yang bertujuan untuk melancarkan hubungan antara brand dan pelanggan. 

Manfaat 

Dengan menggunakan strategi bisnis ini, Anda bisa mengurangi risiko pesan dan iklan dari brand yang diabaikan begitu saja oleh para calon pelanggan. Salah satu manfaat utama IMC adalah perusahaan yang dapat secara efektif meningkatkan brand awareness. Tentunya dengan memanfaatkan beragam channel. Pesan yang kuat, konsisten, dan jelas menjadi kunci penting dalam marketing. 

Selain efektif atau menghemat waktu, IMC juga dapat menghemat biaya. Dengan memiliki pesan yang konsisten dan jelas, perusahaan akan lebih menghemat pengeluaran. Perusahaan tidak perlu menguras kantong untuk terlalu banyak campaign yang hasilnya kurang memuaskan. Kuncinya yaitu efisien. 

Manfaat lainnya dari IMC ini adalah selalu menonjolkan keunggulan kompetitif yang dapat mendorong penjualan. Bagi sebuah perusahaan yang cenderung kecil, strategi komunikasi pemasaran terpadu ini akan membantu menarik pelanggan ke tahap pembelian lebih cepat. Anda tidak perlu membutuhkan waktu terlalu lama untuk meyakinkan calon pembeli terkait keunggulan produk atau layanan Anda. IMC pun akan selalu memastikan semua pihak yang bekerja sama secara terpadu dan sejalan untuk menciptakan strategi komunikasi yang efektif. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi risiko adanya tim atau pihak yang tidak konsisten dengan pesan Anda.

Langkah-Langkah Penerapan Strategi IMC

Menurut Cocoon FX Media: 

1. Analisis situasi dan kondisi 

Langkah pertama yang perlu dilaksanakan saat menerapkan IMC adalah menganalisis situasi dan kondisi. Pada tahap ini, perusahaan perlu menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan risiko dari situasi pasar dan perusahaan. Namun, inisiatif ini sebaiknya dilakukan sebelum merencanakan strategi IMC agar dapat mengeluarkan hasil yang lebih maksimal. 

2. Analisis target pasar 

Tentukanlah terkait target pasar. Dengan mengetahui target pasar Anda siapa saja, maka Anda dapat melihat terkait apa saja permasalahan yang sedang dihadapi dan bagaimana produk atau layanan Anda bisa menjadi solusi terbaiknya. 

3. Pastikan tujuan komunikasi itu sendiri 

Perhatikan proses dan tujuan komunikasi di setiap tahapannya. Misalnya untuk membangun citra perusahaan, meningkatkan brand awareness, atau mendorong penjualan. Karena dengan komunikasi berbagai strategi akan berjalan dengan baik. 

4. Susunlah anggaran 

Ada banyak pertimbangan ketika Anda menyusun anggaran untuk IMC. Karena hal itu, pastikanlah anggaran yang Anda ajukan lebih efektif dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. 

5. Jangan lupakan strategi marketing mix 

Gunakanlah kombinasi strategi marketing mix untuk hasil  yang maksimal. Anda dapat selalu menyesuaikan dengan strategi yang telah Anda rancang sebelumnya. 

6. Pantau dan evaluasi strategi Anda

Selama strategi IMC berjalan, maka Anda harus selalu memantau terus penerapannya. Perhatikan secara baik-baik segala risiko dan peluang yang ada. 

Ideoworks termasuk salah satu integrated marketing agency yang selalu memberikan pelayanan dengan baik, dan juga terpercaya untuk meningkatkan kesuksesan bisnis Anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.