Pengunjung Blog



4 Sikap Patriotisme dalam Kehidupan Sehari-hari

Bulan November ini, bangsa Indonesia memiliki hari peringatan atas jasa-jasa pahlawan yang berjuang untuk membebaskan negeri ini dari penjajahan. Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November dan diperingati setiap tahunnya, selalu menggelitik untuk mengulik makna dibalik kata patriotisme adalah apa?


Secara pengertian yang bisa kita lihat dengan gamblang melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertiannya sepertinya begitu sederhana. Padahal, maknanya begitu dalam dan butuh laku yang tidak mudah.

Sikap Patriotisme dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika dulu makna patriotisme dilakukan dengan membela dan mengorbankan seluruh yang dimiliki seseorang untuk memperjuangkan kemerdekaan, saat ini hal itu sudah tidak relevan lagi. Karena negara kita sudah merdeka sejak 76 tahun yang lalu.


Kemudian, bagaimana cara menunjukan rasa patriotisme kita di zaman sekarang?


Aktif dalam membangun bangsa dan negara

Setelah kemerdekaan dan perjuangan para pahlawan kita berpindah di pundak kita, memaknai patriotisme tidak lagi harus berperang. Namun, turut serta dalam membangun bangsa dan negara yang telah merdeka.


Hal ini bisa ditunjukkan dengan beberapa hal, seperti:

  • Seorang pelajar yang bisa menjadi harapan bangsa untuk meningkatkan pendidikan di negeri ini

  • Masyarakat memilih pemimpin yang berkompeten untuk memimpin negeri ini

  • Pengusaha berusaha untuk menyerap banyak tenaga kerja agar membantu perekonomian negeri

  • dan masih banyak lagi


Menjunjung dan mematuhi hukum yang telah ditetapkan

Sebagai seorang warga negara yang baik, sudah sepatutnya untuk mematuhi dan menjunjung tinggi hukum yang telah ditetapkan oleh negara.


Hal-hal terkecil yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari:

  • Mematuhi rambu-rambu lalu lintas

  • Membayar pajak tepat waktu

  • Tidak memilih pekerjaan yang tidak melanggar hukum

  • Memperjuangkan hak dan keadilan yang dimiliki setiap warga negara

  • dan lain-lain


Menjaga lingkungan agar selalu bersih

Banyak orang yang menganggap, menjaga lingkungan agar selalu bersih dan nyaman, adalah sikap biasa yang harus dimiliki. Namun, apakah Anda tahu, ini juga merupakan salah satu sikap patriotisme. 


Ini karena, menjaga kebersihan berkaitan erat dengan kelestarian alam dan kesehatan masyarakat


Menciptakan dan menjaga kerukunan beragama

Seperti yang kita ketahui, dasar negara kita adalah Ketuhanan. Yang mana, ini didasari oleh beberapa agama dan kepercayaan yang diakui oleh negara. 


Setiap agama tentunya memiliki tata cara beribadah yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, perbedaan ini tidak harus membuat kita terpecah. Malah, sikap patriotisme mewajibkan untuk menciptakan kerukunan dan menjaga kerukunan dalam beragama


Patriotisme adalah sebuah sikap rela berkorban, berani, memiliki semangat tinggi untuk meningkatkan derajat bangsa dan negara. Beberapa hal di atas, adalah beberapa perwujudan yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apakah Anda setuju dengan hal itu atau memiliki versi lain dalam menunjukkan sikap ini?



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.