Pengunjung Blog



Daftar Makanan Untuk Diare Agar Asupan Nutrisi Anak Terpenuhi



Diare menimbulkan perasaan yang sangat tidak nyaman. Apalagi jika anak kecil yang mengalaminya. Ketika anak mengalami diare, Anda harus memperhatikan beberapa hal untuk mengatasinya. Salah satunya dengan memberikan makanan untuk diare yang tepat. Pemberian makanan bergizi akan memenuhi asupan nutrisi anak sehingga ia akan terhindar dari dehidrasi.

Ada beberapa rekomendasi makanan yang bisa Anda berikan untuk anak saat sedang diare. Makanan-makanan tersebut akan membantu mengatasi diare pada anak supaya segera berakhir.

Apa Saja Rekomendasi Makanan Untuk Mengatasi Diare Anak?

Sejumlah rekomendasi makanan yang berguna untuk mengatasi diare pada anak adalah sebagai berikut:

1. Wortel

Diare menimbulkan efek lemas. Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan makanan yang bisa mengganti energinya selama mengalami diare. Wortel bisa menjadi salah satu sumber energi yang besar ketika anak diare. 

Anda dapat memberikan wortel dalam bentuk jus atau sup yang hangat.

2. Apel dan Pisang

Apel dan pisang merupakan buah yang disukai anak. Selain enak, ternyata kedua buah tersebut mengandung pektin yang mampu membantu masalah diare pada anak. 

Apel bisa mengganti energi pada anak yang hilang. Buah yang mengandung pektin juga bisa meningkatkan kekerasan kotoran.

3. Air Kelapa

Kondisi dehidrasi pada anak bisa Anda atasi dengan memberikan cairan pengganti. Salah satunya yaitu memberikan air kelapa. Air kelapa memang tidak berfungsi untuk menyembuhkan diare, tetapi bisa mencegah dehidrasi pada saat diare.

Selain beberapa opsi di atas, Anda bisa memberikan makanan seperti roti, telur matang, nasi, daging sapi, ikan, serta ayam yang dimasak dengan matang.

Anda juga perlu menghindari beberapa makanan dengan cara penyajian yang digoreng, makanan cepat saji, kue kering, serta makanan berminyak. Hindari juga berbagai makanan yang menyebabkan gas, termasuk paprika, jagung, buah beri, brokoli, dan kacang polong.

Dengan memberikan makanan untuk diare yang tepat, anak pasti akan segera sembuh. Selain itu, anak juga bisa terhindar dari dehidrasi ketika mengalami diare.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.