Pengunjung Blog



Manfaat Kuliah Sambil Kerja yang Perlu Anda Ketahui

kuliah sambil kerja

Biaya kuliah masih dianggap besar bagi kebanyakan orang. Oleh sebab itu, tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan untuk langsung mengenyam pendidikan tinggi ini. Selain gap years untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu, beberapa orang memutuskan untuk kuliah sambil kerja. Jadi mereka harus membagi waktu antara perkuliahan dan pekerjaan dengan baik agar bisa berjalan beriringan.

Saat ini memang ada kelas karyawan yang dikhususkan bagi mereka yang ingin kuliah sambil bekerja. Kelas ini diadakan di malam hari atau akhir pekan sehingga para pekerja bisa mengikuti perkuliahan tanpa mengganggu pekerjaan. Tidak hanya mendapatkan uang untuk biaya kuliah saja, kuliah sambil bekerja juga memiliki manfaat lainnya. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut di antaranya:

Bisa Selangkah Lebih Maju

Tidak semua mahasiswa menjalankan dua tanggung jawab sekaligus seperti kuliah dan bekerja. Bahkan hanya sebagian kecil saja mahasiswa yang memilih kuliah sambil kerja karena memang tidak mudah untuk dilakukan. Jadi Anda bisa selangkah lebih maju dibandingkan dengan kebanyakan mahasiswa. Jika mahasiswa lulus dengan status fresh graduate maka Anda berbeda karena sudah memiliki pengalaman.

kuliah sambil kerja

Memiliki Relasi yang Lebih Luas

Kelas karyawan berisi pekerja yang berasal dari berbagai macam bidang yang mungkin saja berbeda dengan Anda. Hal tersebut tentu saja menjadi peluang bagi Anda untuk mendapatkan banyak relasi baru. Melalui relasi yang luas, Anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan sesuai bidang yang diinginkan.


Mendapatkan Soft Skill dan Hard Skill yang Baik

Hard skill dan soft skill sama-sama penting dalam dunia kerja. Saat kuliah, Anda akan belajar mengenai hard skill, sedangkan ketika bekerja Anda akan belajar mengenai soft skill. Jadi setelah lulus Anda akan menguasai kedua skill penting ini dengan baik.

Memiliki Kemampuan Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan hal yang paling sulit dalam menjalankan perkuliahan dan pekerjaan bersama-sama. Jika tidak pandai dalam mengatur waktu maka tugas kuliah dan pekerjaan kantor bisa keteteran. Anda harus pintar manajemen waktu antara kuliah, kerja, istirahat, serta hiburan. Saat terbiasa mengatur waktu selama kuliah, maka setelah lulus hal tersebut tidak akan terasa sulit lagi.

Lebih Disiplin

Ketika mampu manajemen waktu dengan baik maka Anda juga harus menerapkannya dengan disiplin. Anda harus mengetahui apa yang saat ini harus menjadi prioritas yaitu bekerja dan kuliah. Saat bekerja Anda harus fokus pada pekerjaan, sedangkan saat belajar Anda harus fokus pada pelajaran yang diberikan. Kedisiplinan ini sangat penting untuk mencapai kesuksesan.

Menjadi Pribadi yang Tangguh

Kesuksesan perlu diraih dengan kerja keras dan kegigihan. Namun sayangnya hal tersebut tidak bisa ditumbuhkan dengan mudah dan instan. Selama kuliah sambil bekerja, Anda akan belajar menjadi pribadi yang tangguh. Pasalnya kuliah dan pekerjaan sangat tidak mudah untuk dilakukan secara bersama-sama. Anda membutuhkan daya juang yang tinggi agar terus semangat dan tidak menyerah.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan jika memilih untuk kuliah sambil kerja. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua perguruan tinggi menyediakan kelas karyawan. Salah satu institusi pendidikan tinggi yang menghadirkan kelas karyawan untuk Anda adalah STMIK Indo Daya Suvana atau IDS Digital College. 

Institusi pendidikan tinggi yang berlokasi di Jakarta Selatan ini menghadirkan jurusan di bidang teknologi informasi seperti cyber security, software engineering, dan mobile apps and game development. Jika tertarik dengan jurusan-jurusan tersebut, Anda bisa melakukan pendaftaran melalui website ids.ac.id.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.