Pengunjung Blog



Tips Kuliah Animasi Agar Bisa Menjadi Animator Handal

Animator merupakan orang yang bertugas menciptakan gambar untuk kemudian dibuat seolah-olah bergerak saat ditayangkan dalam sebuah frame. Profesi ini bisa bekerja pada bidang televisi, film, internet, dan video game. Contoh film animasi yang populer yaitu karya Disney, Pixar, animasi Jepang, dan lain sebagainya. Untuk menjadi seorang animator handal, Anda harus menempuh kuliah animasi terlebih dahulu. 

Kuliah di bidang animasi bisa membantu Anda mendapatkan ilmu yang diinginkan dengan lebih maksimal. Namun hal tersebut juga bergantung pada ketekunan Anda sebagai mahasiswa. Jika ingin menjadi animator handal, maka Anda harus memanfaatkan masa kuliah dengan baik. Berikut ini tips sukses kuliah di bidang animasi yang bisa Anda ikuti:

Sebaiknya Miliki Skill Menggambar

Memang mahasiswa animasi tidak harus jago menggambar, namun paling tidak Anda harus memiliki skill menggambar dan menyukainya. Pasalnya tidak jarang juga skill menggambar digunakan sebagai salah satu materi tes untuk masuk jurusan animasi.

Apabila saat ini Anda merasa skill menggambar yang dimiliki masih sangat kurang. Cobalah untuk mengasahnya dengan selalu menggambar hal-hal yang disukai. Karena pada dasarnya menggambar merupakan skill yang bisa diasah dan dilatih.

Berorientasi Pada Detail

Karya animasi yang selalu Anda lihat di layar televisi memiliki proses pembuatan yang panjang dan rumit. Bahkan satu episode yang Anda tonton bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu lamanya. 

Hal tersebut lantaran animasi dibuat dengan sangat detail dan memperhatikan banyak hal. Karena animasi harus dibuat secara detail, mahasiswa animasi harus memiliki kesabaran dan berorientasi pada detail. Jadi hasil animasi yang didapatkan bisa sempurna.

Jadilah Mahasiswa yang Kreatif

Kreativitas merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan karya yang sempurna. Karena berada di industri kreatif, Anda harus memiliki jiwa kreatif untuk menjadi animator yang handal. Selalu asah kreativitas dengan ide-ide unik dan menarik.

Karya-karya yang unik dengan kreativitas tinggi selama kuliah animasi bisa mendapatkan apresiasi yang baik. Selanjutnya karya tersebut bisa dijadikan sebagai modal untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus. 

Bisa Menyampaikan Pesan

Animasi merupakan gambar bergerak yang ditampilkan dalam sebuah frame. Bukan hanya gambarnya saja yang harus menarik, namun Anda juga harus mampu menyampaikan pesan di dalamnya.

Pasalnya kebanyakan karya animasi saat ini memiliki tujuan atau pesan tersendiri yang akan disampaikan kepada masyarakat. Namun waktu yang terbatas membuat animator harus mampu mengemas setiap gerakan dengan baik.

Latihan dengan Banyak Aplikasi Animasi

Anda membutuhkan sebuah aplikasi atau software ketika membuat sebuah animasi. Beberapa kampus biasanya memiliki software sendiri yang digunakan selama perkuliahan. Jika ingin menjadi animator yang sukses, maka Anda tidak boleh hanya terpaku pada software dari kampus. Berlatihlah dengan berbagai macam software lain agar kemampuanmu lebih banyak. 

Itulah tips sukses kuliah animasi agar bisa menjadi animator yang sukses. Selain menguasai skill-skill tersebut, Anda juga harus pintar memilih institusi pendidikan yang tepat. Pasalnya dengan institusi pendidikan yang berkualitas maka hasil yang didapatkan juga lebih memuaskan. Rekomendasi institusi pendidikan yang bisa Anda jadikan pilihan adalah IDS atau International Design School.

Tim pengajar dari IDS merupakan praktisi langsung yang bekerja di industri kreatif sehingga ilmu yang didapatkan tidak hanya teori saja. Selain itu, institusi ini juga bekerja sama dengan universitas Australia. Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri akan lebih dimudahkan dengan kerja sama ini. Bagaimana apakah Anda tertarik menjadi mahasiswa IDS? Langsung kunjungi idseducation.com untuk melihat informasi pendaftarannya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.