Pengunjung Blog



Ini Cara Membuat Pot dari Beton yang Mudah

 


Dengan bahan semen Anda bisa menerapkan cara membuat pot yang bisa dibentuk sesuai imajinasi Anda. Ciptakan desain dan wujudkan pot indah buatan tangan sendiri.

Tidak perlu risau jika Anda memiliki hobi bercocok tanam tapi lahan yang tersedia terbatas. Dengan memanfaatkan pot, Anda bisa memiliki beraneka jenis tanaman yang indah. Selain membeli, Anda juga bisa membuatnya sendiri yang terbuat dari beton. Cara membuat pot dari beton ini cukup mudah.

Beberapa tahapan pembuatan pot ini diantaranya adalah:




  • Memilih dan Melapisi Cetakan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan 2 cetakan, yaitu cetakan dalam dan cetakan luar. Satu hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan kedua cetakan tersebut harus berbeda ukuran namun bentuknya harus sama persis.

Sebaiknya selisih ukuran kedua cetakan tersebut kurang dari 5 cm sebab hal ini bisa mempengaruhi ketebalan pot itu sendiri. Kemudian, lapisi cetakan tersebut dengan minyak tanah, solar, bensin, atau pelumas semprot. Ini berguna untuk mempermudah Anda saat akan mengeluarkan pot dari cetakan.

  • Mencampur dan Menuang Adonan Beton

Tahap berikutnya sebagai cara membuat pot dari beton adalah membuat adonan beton yang terdiri dari semen, pasir, kerikil, dan air. Aduk adonan tersebut hingga tercampur rata dan tuangkan ke dalam cetakan. Untuk bagian dasar pot harus dibuat lebih tebal daripada bagian dinding pot. Agar tidak ada udara atau ruang kosong dalam adonan, Anda bisa menekan adonan tersebut dengan sekop. Lakukan hal ini hingga seluruh cetakan sudah dilapisi oleh adonan beton tersebut.

  • Diamkan

Setelah selesai, bungkus cetakan tersebut dengan plastik dan tunggu sekitar 2 hari atau hingga cetakan sudah benar-benar kering. Cara mengatasinya adalah dengan menggores permukaan pot beton dengan pisau atau obeng. Jika terlihat ada goresan, itu tandanya pot Anda belum kering.

  • Lepas Cetakan

Tahap berikutnya adalah melepaskan cetakan. Lakukan hal ini secara perlahan agar pot beton Anda tidak retak. Kemudian, bersihkan permukaan pot dengan menggunakan sikat dan biarkan selama satu minggu. Selama menunggu, jangan lupa setiap harinya usap permukaan pot dengan lap basah. Ini bertujuan agar warna pot terlihat lebih cerah.

Cara membuat pot dari beton yang terbuat bahan semen, air, pasir, dan kerikil ini bisa Anda terapkan dengan mudah. Pilih cetakan pot yang Anda inginkan dan ciptakan pot kreasi sendiri yang lebih awet, kuat dan tahan lama.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.