Pengunjung Blog



Penyebab Anak Susah BAB Yang Perlu Bunda Ketahui

Anak Susah BAB

Anak- anak sangat rentan sekali mengalami susah buang air besar atau sembelit, karena sistem pencernaan anak belum optimal. ini mungkin terjadi karena perubahan makanan yang dikonsumsi oleh anak. Oleh karena itu sangat penting sekali memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh anak agar tidak terjadi sembelit. karena jika anak susah bab maka akan mengganggu aktivitas anak dalam kesehariannya. Anak yang mengalami sembelit akan rewel, merengek bahkan akan menangis, karena menahan rasa sakit di perutnya. Penyebab susah bab pada anak terjadi karena beberapa faktor diantaranya:



  1. Makanan yang rendah serat
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan rendah serat merupakan faktor yang dapat memicu terjadinya susah bab pada anak. 
  3. Kurangnya mengkonsumsi air putih
  4. Masalah emosional. Pada anak yang berada pada masa toilet training mereka cenderung mengalami sembelit karena kecemasan, takut dan juga stres. Kurang berolahraga. Anak- anak yang sering menonton tv dan bermain game tidak cukup olahraga. Karena fisiknya tidak bergerak hanya duduk diam saja. Perlu Bunda ketahui dengan olahraga atau dengan membuat anak bergerak aktif dapat membantu memindahkan makanan yang dicerna melalui usus.
  5. Kurangnya asupan makanan yang mengandung probiotik. Probiotik merupakan sejenis bakteri baik yang dapat membantu tubuh untuk melindungi saluran pencernaan.

Untuk mencegah terjadinya sembelit pada anak hendaknya bunda memberikan makanan yang banyak mengandung serat seperti buah dan sayur, memperbanyak konsumsi air putih, membuat anak lebih aktif dalam bergerak dan memberikan susu pertumbuhan DANCOW EXCELNUTRI+ yang memiliki kandungan probiotik yang dapat melindungi saluran pencernaan si kecil. Jika asupan serat dan cukup minum air putih, serta ada dominasi probiotik dalam saluran pencernaan anak, maka proses pencernaan dalam tubuh anak akan berjalan dengan baik dan sembelit pun dapat dicegah.

Kini, dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi anak susah bab, bunda tidak perlu merasa khawatir anak rewel karena sembelit, karena bunda dapat menghindari penyebab anak sembelit dan mengetahui cara penanganan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.