Pengunjung Blog



Mengenal Jenis Surat Termasuk yang Terdapat Kop Surat

kop surat

Surat merupakan salah satu media komunikasi yang hingga kini masih sering digunakan untuk menyampaikan informasi secara tertulis yang ditujukan dari satu pihak pada pihak lainnya untuk tujuan tertentu. Ada beragam model surat mulai dari yang bersifat pribadi hingga berbagai surat formal yang biasa ditandai dengan adanya kop surat

Jenis-Jenis Surat




source: https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/700/product-1/2020/2/19/9630606/9630606_dcd90b22-95ff-4382-9ffc-af22f7e810e9_700_700

Untuk lebih mengenal apa saja jenis-jenis surat yang biasa digunakan oleh orang-orang ataupun instansi dan lembaga, berikut beberapa jenis surat yang perlu kamu ketahui. 

Surat pribadi


Surat pribadi adalah surat yang biasa ditulis dari individu pada individu lainnya, bisa kepada keluarga, teman, atau kerabat yang biasa memberikan pesan atau informasi yang bersifat pribadi. Surat seperti ini tidak membutuhkan kop, nomor surat, ataupun hal-hal lainnya. 

Dulu sebelum teknologi digital berkembang, berkirim surat antar teman atau keluarga yang berlokasi jauh adalah cara yang cukup sering dilakukan untuk saling memberi kabar atau mengirim pesan. Orang-orang akan mengirim pesan melalui surat yang mereka kirimkan melalui pos. 

Surat resmi


Surat resmi ialah surat yang digunakan untuk menyampaikan informasi dan berbagai urusan lain yang sifatnya formal dan resmi. Surat resmi hingga saat ini masih sering digunakan oleh berbagai perusahaan, lembaga, ataupun instansi resmi karena dokumen ini merupakan dokumen yang cukup penting dan menjadi dokumen resmi untuk berbagai informasi yang disampaikan. Cirinya ialah adalah adanya kop surat sesuai dengan asal lembaga atau instansi yang mengeluarkan surat tersebut. 

Kop surat ini akan menjadi identitas asal surat dan didesain khusus untuk setiap instansi, lembaga, ataupun perusahaan yang bersangkutan. Selain itu, surat resmi juga memiliki detail-detail lainnya, seperti nomor surat, perihal, lampiran, serta format penulisan yang tersusun, mulai dari salam pembuka, isi surat, dan salam penutup. 

Bahasa yang digunakan dalam surat resmi juga merupakan bahasa yang baku. Surat-surat resmi ini juga dibagi dalam beberapa kategori. Kategori pertama adalah surat permohonan yang berisikan permohonan akan sesuatu dari satu pihak pada pihak lain. Kedua adalah surat keputusan yang menjadi pemberitahuan keputusan resmi dari atasan untuk bawahannya. Ketiga adalah surat kuasa yang merupakan surat untuk memberikan wewenang tertentu dari pihak yang satu pada pihak lainnya. 

Selanjutnya adalah surat perintah yang berisikan perintah atau instruksi tertentu dari atasan untuk pihak yang diperintahkan. Kemudian ada surat edaran yang berisi pemberitahuan akan suatu hal tertentu. Terakhir ada surat undangan yang digunakan untuk mengundang orang yang dimaksud oleh pengirim surat. 

Surat niaga


Surat niaga adalah surat yang digunakan oleh suatu lembaga ataupun badan usaha untuk kepentingan perdagangan atau jual beli badan usaha tersebut. Fungsi dari surat niaga ialah untuk menjadi sarana transaksi serta membuat jaringan serta koneksi bisnis antar satu badan usaha dengan badan usaha lainnya. 

Surat niaga juga bisa berupa kwitansi ataupun surat jual beli. Selain itu, ada beberapa jenis surat niaga yang biasa dibuat oleh suatu badan usaha untuk kepentingan bisnis mereka. Seperti surat penawaran, surat pesanan dan konfirmasi pesanan, surat pemberitahuan pengiriman barang, surat penagihan, atau surat pembayaran. 

Itulah beberapa jenis surat yang perlu Anda ketahui. Informasi tadi bisa bermanfaat ketika nantinya Anda harus membuat surat, terutama surat resmi. Untuk membuat surat resmi beserta kop suratnya, saat ini bisa dengan mudah Anda desain di berbagai perusahaan percetakan dan digital printing seperti Snapy. 



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.