Pengunjung Blog



Cara Mudah Bayar BPJS Kesehatan di Bank Sinarmas

Bayar bpjs kesehatan
BPJS Kesehatan merupakan program asuransi kesehatan yang ditawarkan pemerintah kepada masyarakat. Mereka yang memiliki asuransi ini akan lebih dimudahkan ketika membutuhkan pelayanan kesehatan. Untuk mendapatkan asuransi kesehatan ini, masyarakat harus membayar iuran setiap bulannya. Besar iuran yang harus dibayarkan tergantung dari golongan yang Anda pilih. Namun ternyata masih banyak orang yang kebingungan bagaimana cara bayar BPJS Kesehatan di bank Sinarmas.

Ada 3 cara pembayaran yang disediakan yaitu melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Internet Banking atau SimobiPlus, dan juga ke bank langsung. Setiap transaksi pembayaran akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500 saja. Langsung saja, berikut ini adalah cara pembayaran yang bisa Anda lakukan:

Melalui ATM


Cara pertama yang bisa Anda pilih untuk membayar BPJS Kesehatan yaitu melalui Anjungan Tunai Mandiri atau ATM. ATM saat ini sudah ada di berbagai tempat jadi Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Selain itu, ATM juga bisa diakses selama 24 jam penuh sehingga Anda bisa melakukan pembayaran kapan saja tanpa ada batasan waktu. Cara melakukan pembayaran melalui ATM yaitu sebagai berikut:

Masukkan kartu ATM, kemudian masukkan PIN.
Pilih menu Pembayaran/Pembelian.
Pilih kategori Layanan Umum.
Masukkan jumlah bulan yang ingin dibayar + 88888 + 11 digit terakhir dari nomor kepesertaan Anda. Sebagai contoh 018888802054459206 untuk pembayaran satu bulan atau 028888802054459206 untuk pembayaran dua bulan.
Jika sudah, tunggulah proses hingga selesai dan struk transaksi keluar dari mesin ATM.
Jangan lupa cabut kartu ATM sebelum meninggalkan mesin ATM.

Melalui SimobiPlus


Cara bayar BPJS Kesehatan selanjutnya adalah melalui aplikasi SimobiPlus. SimobiPlus merupakan aplikasi internet banking dari bank Sinarmas. Anda bisa melakukan berbagai transaksi melalui aplikasi ini, termasuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Kelebihan menggunakan SimobiPlus yaitu bisa diakses kapan saja dan dimana saja, serta lebih hemat tenaga karena tidak perlu ke ATM. Sedangkan cara membayar di SimobiPlus yaitu sebagai berikut:

Masuk ke aplikasi SimobiPlus.
Klik menu Pembayaran/Pembelian.
Klik kategori Layanan Umum.
Isi field IDPEL : 88888 + 11 digit terakhir dari nomor kepesertaan Anda. Lalu Jumlah Bulan : pilih jumlah bulan sesuai dengan jumlah bulan yang akan dibayar.
Tunggu proses selesai dan aplikasi memberikan tanda bahwa proses selesai.

Melalui Teller Bank


Cara terakhir yang bisa Anda pilih merupakan cara paling mudah yaitu dengan datang langsung ke kantor bank. Saat ini kantor cabang bank Sinarmas sudah tersebar di berbagai daerah sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya. Namun jika memilih membayar iuran BPJS kesehatan melalui bank maka Anda harus rela mengantri karena biasanya banyak nasabah yang memiliki keperluan. Kelebihan memilih cara ini yaitu proses lebih jelas dan tidak mungkin ada kesalahan input kode.

Setelah sampai di kantor bank, Anda hanya perlu mengantri untuk mendapatkan pelayanan dari teller. Bilang saja bahwa Anda ingin melakukan pembayaran BPJS Kesehatan maka pihak teller bank akan memproses transaksi. Hal yang ditanyakan oleh teller saat transaksi pembayaran adalah nomor kepesertaan BPJS Kesehatan dan juga jumlah bulan yang ingin dibayar. Jadi sebelum itu, sebaiknya Anda harus mempersiapkan kedua hal tersebut.

Itulah 3 cara mudah bayar BPJS Kesehatan melalui bank Sinarmas. Perlu Anda ketahui bahwa melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan wajib dilakukan tepat waktu. Akan ada denda atau sanksi yang Anda dapatkan apabila tidak membayarnya sesuai jadwal. Kemudahan pembayaran yang disediakan ini bertujuan untuk membantu Anda untuk selalu tepat waktu membayar iuran. Semoga informasi yang diberikan di atas dapat bermanfaat. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi website banksinarmas.com.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.