Pengunjung Blog



7 Tanda Gangguan Kesehatan Mental Pada Anak


Mulai dari anak PAUD hingga SMA sudah bisa menunjukkan berbagai aktivitas yang dijalani sehari-hari. Akan tetapi, bagaimana jika aktivitas yang dilakukan seorang anak terlihat berbeda dari teman-teman lainnya bisa jadi lebih aktif atau bahkan agak terhambat?

Untuk itu, setiap orang tua harus waspada dan harus bisa mengenali tanda-tanda gangguan Kesehatan mental pada anak sejak dini. Ini bertujuan agar semakin dini ditemukan maka semakin cepat penanganannya.

Para orangtua sebaiknya mengetahui 7 gangguan kesehatan mental pada anak yang bisa dipelajari sejak dini, di antaranya:

1.  Gangguan kecemasan 
Jenis gangguan ini merupakan perasaan cemas yang biasa dirasakan atau dialami anak-anak. Biasanya, anak-anak merasa cemas adalah hal yang wajar, dimana mereka cenderung mengenal hal-hal yang belum mereka tahu. Akan tetapi, bagaimana jika berlebihan dan juga terlalu ekstrim?. Inilah yang sudah masuk ke tahapan gangguan mental. Biasanya gangguan ini terjadi karena faktor genetik hingga trauma berat akan hal-hal yang akhirnya membuat mereka takut.

2.  Autisme 
 Autisme adalah anak-anak yang mengalami kesulitan dalam bersosialisasi, tingkah laku, bahkan berbicara dan sering disebut abnormal. Anak-anak penderita autisme cenderung memilih untuk sibuk dengan dunianya sendiri. Tidak hanya itu, pengidap autisme termasuk anak yang sangat sulit untuk diajak fokus dan juga berinteraksi, mereka hanya menaruh fokus pada hal yang mereka sukai saja.

3. Retardasi Mental 
 Apa itu retardasi mental? Retardasi mental adalah keterbelakangan mental yang biasa disebut oligofrenia. Hal ini terjadi karena gangguan perkembangan intelejensia disertai mental anak yang tidak sesuai dengan usia seharusnya. Penyebabnya terkadang terjadi karena proses patologis di otak yang disebabkan infeksi, racun, trauma atau gen. Kadang, gangguan ini bisa juga ditentukan oleh sikap sang anak dan juga tes IQ, namun tidak dianggap abnormal.

4. Diseleksia 
 Disleksia merupakan gangguan unik yang menyerang anak-anak. Dimana anak-anak akan kesulitan tumbuh. Misalnya anak-anak akan kesulitan untuk menuliskan huruf dan membaca. Ini bisa diketahui sejak dini ketika anda melihat anak tidak bisa membedakan atau membaca susunan huruf dengan benar meskipun usianya sudah bertambah besar. Anak yang menderita gangguan ini bukan berarti mereka menjadi bodoh dan mengalami penyakit fisik, namun karena informasi yang diterima otak sedikit berbeda.

5. Gangguan makan
 Banyak orang tua yang menyepelekan persoalan anak yang mengalami gangguan makan. Kesulitan makan bisa menjadi salah satu tanda gangguan kesehatan mental pada anak. Apabila makan porsi yang dihabiskan tampak lebih sedikit dibandingkan anak-anak lainnya. Adapun gangguan yang terlihat pada umumnya, anak-anak akan memainkan makanan mereka tanpa berniat untuk benar-benar memakannya.

6. ADHD 
 ADHD atau yang dikenal dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Di Indonesia lebih sering disebut dengan GPPH atau Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Biasanya gangguan ini memiliki sifat neurobehavioral, dimana anak akan terasa sulit diatur, dan terkesan tidak peduli akan nasihat orang sekitar. Tidak hanya itu, mereka juga tampak sulit fokus pada suatu hal. Bahkan mereka akan kesulitan untuk menyelesaikan suatu target yang diberikan padanya.

7. Gangguan bipolar 
 Sering mendengar tentang gangguan ini? Ya, gangguan ini terjadi jika adanya perubahan mood yang berlangsung drastis tanpa ada alasan yang sangat kuat. Biasanya anak bisa menjadi terlalu gembira akan suatu hal. Akan tetapi di lain waktu bisa menjadi terlalu sedih hingga depresi dan ingin bunuh diri tanpa alasan yang pasti.

Tentu saja tanda ini membahayakan terutama bagi mereka yang tidak tahu bagaimana pengendalian yang tepat untuk menghindari adanya perubahan mood ekstrim ini. biasanya mereka yang menderita gangguan bipolar mengobatinya dengan terapis dan berbagai metode lainnya.

Meskipun begitu, moms tetap perlu untuk berkonsultasi pada ahlinya untuk dapat mencegah gangguan kesehatan mental pada anak-anak. Moms juga harus tahu bagaimana caranya menangani anak yang memiliki tanda-tanda seperti yang disebutkan diatas. Kini halodoc hadir untuk memberikan anda kemudahan dalam konsultasi secara mudah dan aman. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.